Hmm.. Tahapan Pilkades Takalar Diprotes – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Hmm.. Tahapan Pilkades Takalar Diprotes

FAJAR.CO.ID, TAKALAR- Tahapan Pilkades serentak yang akan digelar 9 April mendatang, kembali menuai protes. Kini giliran warga dari Desa Pangnyangkalang, Kecamatan Mangngarabombang yang melayangkan protes, diamana sebelumnya protes dilayangkan warga dari Cakura.
Puluhan warga Pangnyangkalang menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati, Jumat (1/3).

Mereka menolak hasil seleksi calon kepala desa Pangnyangkalang karena adanya indikasi manipulasi dalam penetapan calon yang dilakukan pihak Panitia Penyelenggara Pemilihan Penetapan Kepala Desa (P4KD).

“Kami menolak hasil seleksi Cakades karena dalam proses tahapan banyak indikasi kecurangan yang merugikan salah satu kontestan pilkades dan Kami minta hentikan semua tahapan pilkades serentak diDesa Pangnyangkalang serta bubarkan P4KD, karena mereka tidak melaksanakan tupoksinya sesuai aturan perundang undangan,” kata Irwan Ola orator warga Pangnyangkalang.

Demo yang diwarnai dengan aksi pembakaran ban bekas tersebut sempat memacetkan arus lalulintas selama kurang lebih dua jam lamanya, selain menolak hasil seleksi pilkades serentak, warga Pangnyangkalang juga meminta pada Pemkab untuk menunda Pilkades bagi desa-desa yang bermasalah.

“Untuk desa yang bermasalah proses Pilkadesnya, kami minta dihentikan dulu sebelum ada penjelasan mendeteil dari penyelenggara, karena kami yakini proses Pilkades Panyangkalang tidak transparansi dan kami berharap pula melalui aksi ini Kapolres memeriksa oknum P4KD Pangnyangkalang yang memainkan proses seleksi,” jelas Irwan Ola.

Terpisah, Panitia Pilkades serentak Kabupaten Takalar, Tajuddin yang dimintai tanggapan terkait maraknya aksi demo dari beberapa pendukung calon kepala desa mengatakan, kabupaten tidak lagi mempunyai wewenang dalam menetapkan calon dan lain sebagainya. “Kewenangan saat ini ada ditangan P4KD bukan lagi tingkat kabupaten,” kilahnya. (Bkm/Fajar)

Click to comment
To Top