Jangan Sampai Keliru, Kenali Waktu Tepat Untuk Melombakan Murai Batu Anda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Jangan Sampai Keliru, Kenali Waktu Tepat Untuk Melombakan Murai Batu Anda

IBARAT batu akik, maka Murai Batu itu bagaikan bacan. Kicauannya membuat para pecinta burung tergilai-gila padanya.

Bukan hanya di Indonesia, tapi burung ini sangat terkenal di Indonesia hingga digelar ‘Burung Dengan Keindahan Kicauan Terbaik’. Tidak percaya? Cari saja di om google.

Berikut adalah tulisan yang sangat menarik, yang diadaptasi dari sebuha blog (alamatnya di sini). Ditulis oleh seorang yang Hobi burung kicau. Langsung saja pada tulisannya di bawah ini:

“Sobat kicau mania, murai batu (MB) adalah salah satu jenis burung kicau yang semakin banyak penggemarnya. Untuk MB yang biasa saja harganya sudah jutaan rupiah, apalagi yang sudah langganan jawara, harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Itulah salah satu alasan mengapa banyak pemelihara murai batu bergegas untuk segera melombakan MB jagoannya dengan tujuan menjadi jawara. Tetapi tahukah anda kapan waktu terbaik untuk melombakan burung murai batu? Nah pada kesempatan ini kita akan membahasnya secara detil.

Mengapa saya perlu mambahas topik tersebut? Karena ada salah satu sobat kicaukan yang mempunyai murai batu yang masih terhitung muda (karena baru mabung sekali) dan dilombakan. Tak disangka-sangka, MB muda jagoannya menjadi jawara dan mengalahkan MB lain yang sudah jadi/gacor dan lebih tua. Tentu hal itu menjadi janggal karena bagaimana mungkin MB yang masih muda dan baru mabung satu kali menang dalam lomba MB berkelas? Setelah ditelusuri ternyata MB muda tersebut memang terus berkicau sepanjang lomba di lapangan.

Tetapi ternyata sebab MB muda tersebut berkicau adalah karena takut, stress, dan tertekan oleh lawan-lawannya. Seorang pakar MB mengatakan bahwa MB yang takut dan tertekan memang selalu bunyi dan berkicau dengan indah tanpa henti. Kesimpulannya adalah MB muda yang menang lomba tersebut ternyata bisa menang karena ketakutan sehingga berkicau terus-menerus dan jadi jawara.

Dan tahukah anda apa yang terjadi pada MB muda yang juara tadi? Selang beberapa hari pasca lomba, MB muda jawara tersebut mematuk-matuk bulunya sendiri, macet bunyi, dan akhirnya mati. Itulah akibat dari stress dan drop yang dialami oleh MB muda tersebut. Dan yang paling menyesal tentunya si pemilik MB tersebut.

Nah, pelajaran apa yang bisa kita ambil dari kasus tersebut? Yang bisa kita jadikan pelajaran adalah, bahwa MB tidak boleh dilombakan jika masih belum matang. Karena dampak psikologis akan sangat besar dan membuat MB anda stop bunyi dan stress berat (drop mentalnya).

Lalu, kapan waktu terbaik untuk melombakan burung murai batu? Saran dari kami adalah anda jangan terburu-buru untuk segera melombakan murai batu anda yang masih muda. Memang setelah mabung pertama, MB memiliki semangat bertarung yang menggebu-gebu tetapi secara psikis ia belumlah matang.

Nah, untuk waktu terbaik melombakan burung murai batu adalah setelah mabung ketiga. Kenapa? Karena MB yang telah melalui masa mabung ketiga, akan memiliki mental yang bagus, matang secara psikis, sehingga tidak mudah drop. Bahkan jika anda bersabar dan bersedia menunggu MB sampai mabung ketiga, maka dengan perawatan yang baik maka MB anda bisa jadi juara lebih lama, bahkan sampai puluhan tahun. Ini adalah kisah nyata yang menunjukkan bahwa untuk melombakan MB membutuhkan kesabaran, ketelitian, dan menunggu usia yang pas/matang.

Tetapi bagi anda pemilik MB yang masih muda dan sudah tidak sabar ingin menguji mental dan suara MB, anda bisa menyiasatinya dengan 2 cara, yaitu sebagai berikut :

Pertama, ikutkan MB anda dalam latber saja, karena biasanya latber tidak begitu banyak pesertanya, dan kualitas MB pun merata. Ini bisa jadi ajang pemanasan/tes bagi MB anda. Anda bisa menilai dan megevaluasi sejauh mana kemampuan MB anda, dan apa yang perlu dibenahi dan diperbaiki ke depannya.

Kedua, bisa dengan ngtrek atau gathering MB, namun dengan usia MB yang sebaya. Sebaiknya hindari latber/ngetrek jika ada MB yang sudah dewasa dan gacor/jadi, karena bisa-bisa MB muda anda malah drop dan stress. Karena apa? MB muda bisa saja stress dan macet bunyi jika diperdengarkan suara-suara MB jawara. Jadi sebaiknya hindari MB jawara dari MB muda anda.

Kesimpulannya adalah, untuk melatih mental dan kemampuan murai batu membutuhkan kesabaran dan langkah-langkah pelan namun pasti. Secara logika, untuk menjadikan MB jawara anda harus menapaki satu demi satu tahapan, bukan langsung meloncat ke tingkat tertinggi. Karena jika MB tidak kuat, maka anda akan menyesal di kemudian hari. He..he..he..

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Inilah Waktu Terbaik Untuk Melombakan Burung Murai Batu, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Kunjung sumber artikel ini: di sini

loading...
Click to comment
To Top