SAC 2016, Tim Suzuki Indonesia Kembali Berjaya di Podium – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Sport

SAC 2016, Tim Suzuki Indonesia Kembali Berjaya di Podium

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

FAJAR.CO.ID, JAKARTA  – Buah kerja keras pebalap muda bernyali Tim Suzuki Indonesia terbayar dengan hasil balap Suzuki Asian Challenge (SAC) 2016 seri 1 yang sangat positif. Podium race 1 dan 2 seri pembuka di Johor Circuit, Malaysia (1 – 2 April 2016) berhasil didominasi oleh pebalap Indonesia, sehingga bendera Merah Putih berkibar di panggung juara Asia.  Jefri Tosema dan Rizal Feriyadi yang tampil mempesona pantas untuk menyandang gelar juara dan menjadi panutan pebalap muda Indonesia.

Potensi meraih podium sudah terdeteksi sejak awal hasil sesi kualifikasi, (1 April 2016) dimana ketiga pebalap Indonesia sanggup menempati posisi start 4 besar. Dimulai dari Jefri Tosema yang mampu menempati pole position, diikuti oleh Rizal Feriyadi di posisi 3 dan M. Sapril di posisi 4. Bagian yang menarik adalah cepatnya Jefri Tosema beradaptasi dengan sirkuit dan motor balap Suzuki F150 sehingga mampu memangkas catatan waktu lebih cepat hampir satu detik dari sesi  latihan, yaitu menjadi 1:59,352. Kemahirannya memacu Suzuki F150 cukup menakjubkan para peserta lainnya, pasalnya baru kali pertama Jefri Tosema balap di Johor Circuit.

Semangat pebalap Indonesia semakin tinggi ketika mulai memasuki sesi race 1 (2 April 2016). Baik Jefri, Rizal dan Sapril tidak mau menyianyiakan peluang emas untuk menguasai barisan terdepan. Kepiawaian mereka terbukti sejak bendera start dikibarkan langsung memacu motornya dan melesat memimpin barisan terdepan. Sejak awal hingga akhir balapan, Jefri terus menerus fokus pada racing line yang tepat sehingga tidak ada celah bagi lawan mengambil posisinya di depan, dan akhirnya Jefri sanggup menyelesaikan balapan di posisi pertama dan meninggalkan pebalap di belakangnya cukup jauh. Lain halnya dengan Rizal yang mendapat perlawanan ketat dari pebalap Malaysia sehingga harus puas finish di posisi ke 3. Sedangkan M. Sapril masih berupaya membiasakan dirinya berkompetisi dengan pebalap asing, sehingga hanya sanggup menyelesaikan balapan di posisi ke-7.

Perolehan positif tersebut membuat Jefri dan Rizal merasakan berdiri di panggung podium Asia sekaligus bangga bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan bendera Merah Putih untuk pertama kali di tahun 2016 ini. Nyali mereka kembali berkobar di sesi race 2. Menggunakan strategi yang sama dengan race 1 sekaligus memperbaiki teknik balapan memberikan perkembangan positif bagi pengalaman balap ketiga pebalap.

Sedikit berbeda dengan jalannya balap di race 1, kali ini Rizal Feriyadi yang berhasil mempertahankan podium juara ke-3. Upaya Rizal untuk terus mencuri posisi pebalap negara lain agaknya cukup maksimal, namun pergerakan pebalap Malaysia dan Filipina yang agresif menghalangi usaha Rizal, sehingga Rizal perlu waktu kembali untuk membaca peluang memenangkan pertandingan di seri balap selanjutnya. Sedangkan M. Sapril sanggup meningkatkan kualitas balapnya di belakang Rizal dengan menempati posisi ke-4.

Progres positif pebalap Tim Suzuki Indonesia di seri pertama SAC 2016 telah menjadi pengalaman sangat berharga yang membanggakan. Banyaknya pelajaran baru selama balap di tingkat Asia menjadi ilmu baru bagi Jefri, Rizal dan Sapril guna menumbuhkan semangat lebih tinggi dalam menghadapi seri selanjutnya di Thailand, 6 – 8 Mei 2016 mendatang.

Jefri Tosema (#20) – Pebalap SAC 2016 Tim Suzuki Indonesia
“Alhamdulillah, Saya bisa menjaga racing line Saya untuk bisa bertahan dari tekanan pebalap lain khususnya Malaysia dan Filipina yang juga tampil ngotot. Semua keberhasilan ini berkat dukungan pebalap Indonesia lainnya juga mekanik dan Tim Suzuki Indonesia. Saya merinding begitu mendengar lagu Indonesia Raya berkumandang.”

Rizal Feriyadi (#30) – Pebalap SAC 2016 Tim Suzuki Indonesia
“Saya tadi sampai menitikkaan air mata di podium. Kerja keras Saya membuahkan hasil bisa membawa Tim Suzuki Indonesia podium.’

Hasil Suzuki Asian Challenge 2016 seri 1

Race 1

  1. Jefri Tosema (#20) – Indonesia
  2. M. Rozaliman (#12) – Malaysia
  3. Rizal Feriyadi (#30) – Indonesia

……….

7. M. Sapril (#87) – Indonesia

Race 2

  1. M. Rozaliman (#12) – Malaysia
  2. April King (#43) – Philipina
  3. Rizal Feriyadi (#30) – Indonesia
  4. M. Sapril (#87) – Indonesia

Standing Poin SAC 2016

  1. M. Rozaliman (#12) – Malaysia – 45
  2. April King (#43) – Philipina – 33
  3. Rizal Feriyadi (#30) – Indonesia – 32
  4. Jefri Tosema (#20) – Indonesia – 25
  5. M. Sapril (#87) – Indonesia – 22
loading...
Click to comment
To Top