Istana Komentari Pemecatan Fahri Hamzah: Dia Bukan Ancaman – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Istana Komentari Pemecatan Fahri Hamzah: Dia Bukan Ancaman

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Paca pemecatan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah opini miring mulai menyerang istana. Kabarnya ada intevensi pemerintah untuk mendepak Fahri sebagai kader PKS.

Anggapan itu dibantah politikus senior PDI Perjuangan Tubagus Hasanuddin. Dia meyakinkan bahwa  tidak ada intervensi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dikatakan, selama ini kritik yang kerap dilontarkan Fahri kepada pemerintah bukanlah sebuah ancaman untuk menjatuhkan Jokowi.

“Justru, di mata Presiden Jokowi, Fahri bukan ancaman atau orang yang bisa merontokkan posisi presiden. Lalu kenapa harus dipecat?” ujarnya di Jakarta, Senin (4/4). ‎

Sebagai anggota DPR, Kang TB -sapaannya- menganggap kritikan Fahri kepada pemerintah adalah hal yang lumrah.

Dia menyebutkan masih banyak anggota DPR yang lebih keras melontarkan kritiknya ketimbang Fahri. “Tapi disampaikan secara tertutup dalam acara RDP dan Raker,”ungkapnya

Legislator asal Jawa Barat itu menerangkan, ‎demokrasi telah memberi ruang kepada semua orang untuk mengkritik pemerintahan.

Karena itu, kata Kang TB, terlalu naif jikalau ada pendapat bahwa Jokowi yang mendalangi pemecatan Fahri. ‎Lalu dengan entengnya Presiden PKS Sohibul Iman mengabulkan permintaan tersebut. “Apa manfaatnya?” ujarnya heran.

Wakil ketua komisi I DPR itu lebih melihat bahwasannya pemecatan Fahri dari PKS dikarenakan persoalan internal setelah adanya perubahan pimpinan di partai islam itu.

Sebelumya, Guru Besar Politik Universitas Indonesia (UI) Muhammad Budyatna menilai, pemecatan Fahri merupakan bagian dari upaya penguasa mengobok-obok partai yang menjadi lawan politiknya.

“Saya melihat melumpuhkan Fahri sama juga dengan cara melumpuhkan Golkar dan PPP adalah langkah melumpuhkan demokrasi,” ujar mantan Dekan FISIP UI ini. (dna/JPG‎)

loading...
Click to comment
To Top