Namanya Masuk dalam Dokumen Panama Papers, Perdana Menteri Ini Mundur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Namanya Masuk dalam Dokumen Panama Papers, Perdana Menteri Ini Mundur

FAJAR.CO.ID, ISLANDIA – Tercantumnya nama Perdana Menteri (PM) Sigmundur Gunnlaugsson di Panama Papers membuat publik marah. Sejak Senin (4/4) malam waktu setempat, massa menduduki gedung parlemen di kompleks pemerintahan dan menuntut pemimpin yang mantan jurnalis tersebut mundur.

Itu terjadi setelah Panama Papers menyebut tokoh 41 tahun tersebut membeli perusahaan offshore di British Virgin Islands (BVI) pada 2007. Desakan itu akhirnya membuahkan hasil. Gunnlaugsson tadi malam menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya.

Jika negara-negara yang tertulis di Panama Papers sibuk melakukan investigasi internal atau mericek dokumen yang kali pertama dibongkar harian Jerman Sueddeutsche Zeitungtersebut, tidak demikian halnya dengan Tiongkok. Kemarin pemerintahan Presiden Xi Jinping justru menertibkan media dalam negeri yang ikut menyebarluaskan berita itu.

Lembaga pemerintah yang mengatur lalu lintas dunia maya pun langsung membatasi akses masyarakat terhadap berita tersebut. Di Tiongkok, kata kunci “panama” hanya akan mengarahkan netizen pada berita-berita di luar skandal tersebut. Atau, jika kebetulan muncul berita tentang Panama Papers, isinya hanya artikel tentang keterlibatan beberapa pemain sepak bola kelas dunia. (jpnn)

Click to comment
To Top