Soal Panama Papers, Polri Siap Bantu Dirjen Pajak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Soal Panama Papers, Polri Siap Bantu Dirjen Pajak

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menegaskan dalam pengusutan dokumen The Panama Papers, Polri siap membantu Dirjen Pajak.

Bantuan, kata Badrodin adalah berupa penyelidikan bersama guna mencari kebenarannya dari dokumen yang kini tersebar luas itu. “Dirjen Pajak kan sudah punya datanya, kalo dimintain bantuan oleh mereka kita akan dukung,” ujar dia di Pelabuhan Muara Jati, Cirebon, Jawa Timur, Rabu (6/4).

Sementara Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan, Polri bakal menjalin kerjasama dengan Interpol dan Kemenlu.

“Koordinasi akan dilakukan, kami selektif prioritas. Mana yang sudah punya alat bukti kuat (pidana). Kita harus klasifikkasikan. Kita lihat,” ujar dia.

Dari 2.000 lebih nama yang tercantum, kata Anton mereka tidak akan tebang pilih. Karena pidana bisa dilakukan siapa saja.

“Penggelapan pajak bisa jadi karena korupsi. Tapi, korupsi bukan hanya pejabat. Kami juga lihat yang paling menyorot perhatian,” tegas dia.

Panama Papers sendiri merupakan dokumen rahasia yang memuat daftar klien besar di dunia yang diduga menginginkan uang mereka tersembunyi dari endusan pajak di negaranya.

Di dalam 11 juta halaman dokumen itu, terdapat nama-nama politisi, bintang olahraga, dan selebriti yang menyimpan uang mereka di berbagai perusahaan ‘cangkang’ di luar negeri demi menghindari pajak (offshore).

Tercatat, dokumen “Panama Papers” masuk dalam file sebesar 2,6 terabyte (TB). Ada 4,8 juta email; 3 juta database; 2,1 juta dokumen PDF; 1,1 juta foto; 320.000 dokumen teks, dan 2000-an file lainnya. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
To Top