Anggota Komisi IV Nilai Kebijakan Susi Rugikan Nelayan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Anggota Komisi IV Nilai Kebijakan Susi Rugikan Nelayan

Nelayan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi IV DPR, Danie Johan prihatin dengan kondisi para nelayan. Di bawah kepemimpinan Susi Pudjiastuti, kebijakan yang dilahirkannya sangat merugikan para nelayan.

“Harusnya, peringatan hari nelayan hari ini (6/4) diliputi rasa suka cita, tapi ini sebaliknya,” ujar Daniel saat mengomentari aksi ribuan nelayan di Istana Negara.

Daniel mengatakan, kebijakan moratorium yang diberlakukan Susi membikin para nelayan sengsara.

“Banyak nelayan lokal menganggur.  Petisi mosi tidak percaya nelayan dan seluruh sektor perikanan kepada Susi adalah puncak kekesalan mereka,” tuturnya

Legislator asal Kalimantan Barat itu mengatakan, nasib nelayan Indonesia cukup menyedihkan selama Susi menjabat sebagai menteri KKP. Mereka tidak bisa melaut dengan adanya kebijakan moratorium Susi.

“Nelayan satu setengah tahun menderita tidak bisa melaut. Kalau melaut untuk mengisi perut dianggap penjahat tetapi tidak ada masyarakat yang ta‎u,” mirisnya.

Kata Daniel, moratorium yang dilakukan Susi nyatanya bukan untuk kapal asing saja. Namun, kapal eks asing yang digunakan para nelayan melaut. Padahal, kapal itu dibeli secara sah dan legal.

Mayoritas nelayan menggunakan kapal eks asing. Memang, ada beberapa yang dianggap melanggar administrasi. Namun, kata dia, tidak seharusnya diberangus begitu saja.

Lagipula, jika moratorium merujuk dikarenakan menggunakan kapal eks asing, menurutnya tidak fair.

“Mobil dinas presiden, menteri kelautan perikanan eks asing kok, Susi Air eks asing kok, kenapa hanya nelayan kapal (yang dimoratorium),” tegasnya.

Daniel mengaku tidak mengerti arah kebijakan Susi. Yang pasti, lanjut dia, kebijakan Susi mematikan nelayan dan industri perikanan. “Nggak ngerti saya maunya apa. Akhirnya dia hanya jalankan agenda asing,” serunya.

Dia berharap agar Presiden Joko Widodo mau mendengarkan aspirasi para nelayan itu. “Kita dorong presiden memahami nelayan menderita,” tandasnya.(dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top