Ini Dia Orang Terkaya dari Bisnis Online yang Masuk Daftar Forbes – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Advetorial

Ini Dia Orang Terkaya dari Bisnis Online yang Masuk Daftar Forbes

mark

DAFTAR orang terkaya di dunia menurut majalah Forbes umumnya didominasi oleh nama-nama yang itu-itu saja. Apalagi daftar sepuluh teratas. Namun di tahun 2016 ini cukup banyak gebrakan nama-nama baru. Bahkan, beberapa nama yang akan disebutkan ini berasal dari pebisnis yang bergerak di dunia online.

Memang bisnis online, digital dan ilmu komputasi sebenarnya tak lagi asing. Nama-nama pemegang dana terbanyak tersebut memiliki usaha di bidang perangkat lunak, komputasi dan website-website fenomenal.

Sebut saja Bill Gates, orang terkaya di dunia yang melambung namanya lewat perangkat lunak Microsoft. Di tahun 2016 ini pria kelahiran 1955 tersebut tetap menduduki peringkat pertama dengan total kekayaan US$ 75 miliar! Kemudian ada Larry Ellison menduduki peringkat ke-7 dengan bisnis database Oracle.

Akan tetapi, ada yang cukup “mengejutkan” di tahun 2016 ini. Dua nama yang bisa dibilang sebagai pebisnis online masuk dalam daftar sepuluh orang terkaya di dunia. Salah satunya adalah Mark Zuckerberg yang awalnya berada di peringkat ke-16 daftar orang terkaya di dunia  kemudian melesat ke peringkat ke-6. Lalu, di atasnya lagi ada Jeff Bezos, pendiri Amazon.com, yang berada di peringkat ke-5. Mereka sama-sama baru pertama kali masuk dalam daftar 10 teratas versi Forbes tersebut.

Yuk! Mari kita kenal lebih dekat kedua tokoh yang sebenarnya sudah tak asing lagi di telinga kita berikut ini:

Berkenalan dengan Pendiri Facebook dan Amazon

Mark Zuckerberg

Mungkin kita tak akan menyangka jika Mark Zuckerberg dulunya lebih berjaya dalam bidang olahraga bisbol. Saat masih kuliah, Mark dikenal sebagai pemain bisbol pada liga utama. Namun pilihan Mark cukup mengejutkan, Mark berkutat dengan kode-kode yang membangun Facebook. Berawal dari halaman profil untuk  mahasiswa Harvard saja, Facebook menjelma menjadi media sosial miliaran umat.

Sekarang, Mark Zuckerberg memiliki total kekayaan hingga US$ 44,6 miliar. Dia juga memiliki hampir 12.000 karyawan! Oh iya, Facebook juga mengakuisisi media sosial berbagi foto Instagram dan layanan pesan WhatsApp.

Jeff Bezos

Mungkin nama Jeff Bezos taklah setenar Mark Zuckerberg. Namun, kita pasti sudah pernah dengar situs marketplace Amazon.com meski tak semua sudah pernah belanja dari sana. Situs ini didirikan jauh sebelum hingar-bingar situs marketplace ataupun e-commerce semakin menjamur sekarang ini, tepatnya tahun 1994. Cukup menggebrak dunia Internet dan usaha Jeff Bezos tak sia-sia. Dia menjadi orang terkaya ke-5 di dunia dari lini bisnis online ini. Total kekayaannya mencapai US$ 45,2 miliar.

Memang, Jeff Bezos tak hanya fokus pada Amazon[dot]com saja. Selain situs tempat berjualan tersebut, Jeff Bezos menjadi pendiri perusahaan penerbangan ke batas ruang angkasa bernama Blue Origin. Ada pula layanan Cloud Computing yang banyak pelanggannya adalah perusahaan dan organisasi besar. Oh iya, Bezos telah membeli The Washington Post dengan nilai US$ 250 juta namun bukan atas nama Amazon, melainkan pribadi. Uber, Airbnb serta bahkan media sosial Twitter tak luput dari dana Jeff Bezos sebagai investor-nya.

Wah, portofolio Bezos benar-benar mencengangkan juga, ya! Tak kalah Mark Zuckerberg pun menjadi salah satu panutan banyak orang – apalagi dengan gaya sederhananya.

Kita mungkin bisa ikuti jejak mereka. Bisa jadi. Asalkan tekun dan mampu menciptakan ide-ide brilian serta berani mengeksekusinya – tak ada hal yang tak mungkin! Setiap orang punya kesempatan untuk sukses dan meraih apa yang dia cita-citakan.

loading...
Click to comment
To Top