Pasca Kasus Zaskia Gotik, PKB Undang 62 Artis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Pasca Kasus Zaskia Gotik, PKB Undang 62 Artis

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sebanyak 62 pekerja seni terdiri dari kalangan artis, musisi, pemain sinetron, dan bintang film, berkumpul di Lantasi 3, Ruang GBHN, Komplek Parlemen, Jakarta, pada 7 April 2016.

Kehadiran mereka di gedung wakil rakyat itu untuk mengikuti Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika atau yang disebut 4 Pilar MPR, yang diselenggarakan oleh Fraksi PKB di MPR.

Ketua Fraksi PKB MPR RI, Abdul Kadir Karding, mengatakan kegiatan ini biasa dilaksanakan oleh MPR yakni mensosialisasikan 4 Pilar.

Diakui Karding, kegiatan mengumpulkan pekerja seni untuk mengikuti Sosialisasi 4 Pilar karena kasus yang menimpa Zaskia Gotik yang menimbulkan kegaduhan soal perkataannya tentang Pancasila.

Menurut Karding, kasus Zaskia Gotik menyadarkan kita sebab setelah kita buka file pemahaman tentang Pancasila ternyata bukan hanya pekerja seni yang banyak tidak hafal Pancasila , namun juga kepala daerah yang tidak hafal Pancasila.

Karding mengutip sebuah survei yang dilakukan oleh salah satu koran nasional bahwa masih banyak masyarakat  yang tak hafal Pancasila. “Karena Zaskia kebetulan fublic figur maka semua masalah menjadi terbuka,” ujarnya.

Dalam masalah Zaskia Gotik, PKB tidak akan melakukan tindakan hukum. PKB tak membela siapa pun. PKB memilih jalan persuasif dan dialog. PKB memahami latar pendidikan masing-masing orang dalam memahami Pancasila.

Bagi Karding, pekerja seni mempunyai sesuatu yang potensial seperti sering tampil di publik dan sering diakses oleh media massa. Untuk itu, dirinya berkeinginan agar para pekerja seni yang sebagai figur publik itu akan dijadikan duta Pancasila.

Karding berharap pekerja seni pada sosialisasi itu belajar mengenai Pancasila dan selanjutnya mau menyampaikan nilai-nilai Pancasila pada masyarakat.

Dari sinilah Karding juga berharap akan lahir komunitas pekerja seni pencinta Pancasila. Sebagai pemateri sosialisasi itu selain Abdul Karding, juga anggota MPR dari Fraksi PKB lainnya seperti Lukman Edy, Ana Mu’amanah, dan Krisna Murti. (Adv/fri/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top