Effendi Simbolon Gantikan Sudirman Said? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Effendi Simbolon Gantikan Sudirman Said?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo tampaknya akan merombak besar-besaran jajaran Kabinet Kerja yang ia pimpin. Bila pada Agustus lalu dia merombak lima kementerian, dalam reshuffle yang disebut-sebut akan diumumkan dalam waktu dekat ini, Jokowi akan mengkocok ulang delapan pos kementerian.

Misalnya kursi Menteri Energi Sumber Daya Mineral. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari kalangan Istana, Sudirman Said akan digantikan politikus PDIP Effendi Simbolon. Sementara Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan diisi Guru Besar UI Eko Prasetyo menggeser Yuddy Chrisnandi.

Presiden Jokowi juga melakukan penyegaran di pos Menteri BUMN. Presiden mengangkat Teten Masduki menggantikan Rini Soemarno. Rini bertukar posisi dengan Teten yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

Menteri Pemuda Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi juga akan dicopot. Dia akan digantikan pengusaha yang juga pemilik klub Inter Milan Erick Tohir. Selain Imam, politikus PKB lainnya juga disebut-sebut bakal tergusur, yaitu Marwan Jafar. Kursi Marwan sebagai Menteri Desa, Transmigrasi dan Daerah Tertinggal bakal dipercayakan ke politikus PDIP Budiman Sudjatmiko.

Selain kelima pos tersebut, Kantor Berita Politik RMOL sebelumnya sudah memberitakan tiga kementerian yang bakal dikocok ulang. Yaitu, Menteri Koperasi dari AAGN Puspayoga ke Romahurmuziy.

Sementara Puspayoga akan menjadi Menteri Pariwisata yang saat ini dijabat Arief Yahya. Pos lainnya adalah Menteri Agama. Jokowi akan mengangkat politikus PKB Maman Imanulhaq menggantikan Lukman Hakim Saifuddin. (zul/rmol)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top