Triathlon Iron Man 70.3 Siap Hebohkan Bintan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Budaya & Pariwisata

Triathlon Iron Man 70.3 Siap Hebohkan Bintan

JAKARTA — Iron Man biasanya identik dengan Tony Stark, sosok superhero ciptaan Marvel dan hanya ada di dunia maya. Tapi di dunia nyata, Iron Man ini justru dijadikan ajang lomba ketahanan tubuh. Di 2016 ini, Kejuaraan Dunia Ironman Triathlon memilih Pulau Bintan di Kepulauan Riau, Indonesia, sebagai tuan rumah kualifikasi kawasan Asia Pasifik.

Ya, Ironman ini sejatinya merupakan ajang olahraga manusia super. Lombanya dianggap “gila” karena membutuhkan ketahanan fisik yang luar biasa. Ada renang di perairan lepas yang harus diarungi. Belum lagi puluhan kilometer bersepeda, dan lari marathon yang harus diterabas puluhan kilometer. Meski dianggap “gila”, peminatnya sangat banyak. Asia, Afrika, Amerika, Eropa, hingga benua Australia, pasti punya perwakilan.

Di Bintan, even kualifikasi kejuaraan dunia tadi diberi tajuk Ironman 70.3. Evennya akan digelar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, pada 28 Agustus 2016. Para atlet Ironman 70.3 akan memulai lomba dengan berenang sejauh 1.2 mil (1.9 km) di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah. Setelah itu, para peserta akan diajak bersepeda di jalanan Bintan yang mulus dan lebar sepanjang 56 mil (90 km). Ujian daya tahan tubuh itu kemudian akan diakhiri dengan lomba lari yang akan melahap 3 lap  sepanjang  21 km.

Terpilihnya kembali Bintan sebagai lokasi ajang triathlon Ironman 70.3 bersama penyelenggara acara MetaSport ini, semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism  kelas dunia. Banyak even olahraga internasional digelar di Bintan tahun ini, dan akan mendongkrak pariwisata great Batam/Bintan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang diwakili Asdep Pengembangan Pemasaran Mancanegara Wilayah Eropa, Timteng, Afrika, Amerika, Nia Niscaya menyambut positif event sport tourism itu. Agenda yang akan diikuti sekitar 1.000 peserta dari mancanegara itu cukup berdampak pada kunjungan wisman ke tanah air. Prediksinya, bakal direct impact pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)  ke Indonesia yang tahun ini menargetkan 12 juta wisman. Dan 2,5 juta wisman di antaranya akan masuk melalui great Batam/Bintan.

“Minimal sekitar 1.000 wisman akan masuk dan membelanjakan dolarnya di Bintan. Selain itu even seperti ini mempunyai media value yang tinggi. Atlet-atlet dunia yang tampil di Ironman 70.3 di Bintan pasti akan menjadi pemberitaan media internasional,” kata Nia dalam jumpa pers  di FX Mall Jakarta, Kamis (7/4). Hadir juga dalam press conference itu Bupati Bintan ,Apri Sujadi, CEO MetaSport, Nathalie Marquet, dan Kadispar Bintan, Lucky Zaiman Prawira.

Prediksi yang tidak terlalu berlebihan mengingat Bintan punya banyak potensi. Daya tarik alam ada di sana. Pantai berpasir putih, taman laut, hutan tropis, semua ada. Fasilitas liburan tropis seperti lapangan golf, spa, dan olahraga air, juga tersedia.  Dan semuanya dilengkapi dengan fasilitas infrastruktur kelas dunia.

Lokasinya? Dijamin sangat strategis. Dari Singapura, bisa dicapai dengan durasi waktu 45 menit dengan menggunakan kapal ferry. “Pertumbuhan wisman melalui  great Batam/Bintan  trennya  terus meningkat. Pada Februari 2016 naik 10,5% menyamai pertumbuhan great Bali,” kata Nia.

Nia tak asal bicara. Ada data yang mendukung. Dari data Kemenpar, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Februari 2016 tercatat sebanyak 888,3 ribu, atau naik sekitar 5,26% dibandingkan pada  Februari 2015. Sebagian besar  masuk melalui great Bali sebanyak  367  ribu wisman atau tumbuh 10,19%. Sedangkan wisman yang masuk melalui great Batam/Bintan sebanyak  120.351 wisman atau tumbuh 10,53%.

Lantas bagaimana dengan penyelenggaraannya? Soal itu, MetaSports, selaku penyelenggara kejuaraan adalah event organizer yang punya jaringan di lebih dari 100 negara. “Segala sesuatunya sudah disiapkan dengan matang,” ujar Nathalie Marquet, CEO MetaSport yang pekan lalu juga sukses menggelar Tour de Bintan dengan lebih dari 800 pembalap asing itu.

Pusat kejuaraannya akan ditempatkan di Plaza Lagoi. Inilah pusat pengembangan pariwisata yang letaknya di persis berada di Teluk Lagoi kawasan Bintan Resorts.  Tempatnya luas. Desainnya pun modern. Sangat pas untuk dijadikan acara expo yang akan digelar 27 Agustus  2016 mendatang. Saking luasnya, tempat ini akan dijadikan lokasi berkumpulnya para atlet  untuk melakukan pendaftaran ulang, mengambil goodie bags, serta tempat instruksi pertandingan.

Di kawasan Plaza Lagoi, peserta juga bisa sekalian berbelanja. Maklum, pada expo nanti, panitia akan menjual berbagai macam peralatan triathlon serta produk dengan logo Ironman. Di tempat berkumpul tersebut, para atlet  diberikan kesempatan untuk berkenalan dengan atlet-atlet pro lainnya di sesi “Meet the Pros” dan menghadiri makan malam loading di Ironman Village.

Ada 30 tiket kejuaraan dunia yang bisa diraih lewat Ironman 70.3 Bintan. Para peserta yang menyelesaikan tantangan, akan menerima medali Ironman 70.3, polo shirt, handuk, sertifikat dan beberapa fasilitas barang sponsor lain. Untuk pendaftaran dan panduan lebih dalam mengenai Ironman 70.3 Bintan, Nathalie juga mengaku siap melayani via online. “Silahkan kunjungi http://www.ironmanbintan.com/,” tambahnya.

Nathalie menjelaskan, selain Ironman 70.3 Bintan, Metasport juga akan menyelenggarakan even Bintan Triathlon pada 28-29 Mei 2016. Dengan jarak lomba lebih pendek dan suasana yang ramah, Bintan Triathlon dapat  digunakan oleh para calon atlet Ironman 70.3 sebagai kesempatan berlatih sekaligus menguji kondisi balapan. (fajar.co.id)

loading...
Click to comment
To Top