Fakta Dibalik Bebasnya Satu Sandera Abu Sayyaf – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Fakta Dibalik Bebasnya Satu Sandera Abu Sayyaf

Rolando del Trochio

FAJAR.CO.ID, MANILA – Seorang warga Italia, Jumat (8/4) telah dibebaskan dari penyanderaan kelompok bersenjata, yang diduga kuat merupakan militan Abu Sayyaf. Warga Italia itu bernama Rolando del Torchio.

AFP melansir, mantan misionaris yang diculik enam bulan lalu itu, dijemput di sebuah pelabuhan terpencil di Jolo, pulau yang ‘dikuasai’ Abu Sayyaf.

Juru bicara kepolisian, Wilben Mayor mengatakan, saat ini kesehatan Torchio dalam kondisi buruk. “Dia ditemukan sore hari, dalam sebuah perahu di Jolo. Tim membawanya ke sebuah rumah sakit militer untuk merawatnya,” kata Mayor.

Torchio diculik Oktober tahun lalu oleh sejumlah pria bersenjata, di restoran pizza miliknya di Dipolog, sekitar 400 km dari Jolo. Sebelum membuka usaha pizza, Torchio adalah seorang misionaris.

“Tidak ada rincian lebih lanjut untuk saat ini,” ujar Mayor. 

Dia juga tak menjawab pertanyaan wartawan saat ditanya apakah pembebasan sandera ini menyusul dipenuhinya uang tebusan yang diminta kelompok bersenjata (Abu Sayyaf). 

Sementara itu kementerian luar negeri Italia juga mengonfirmasi bebasnya Del Torchio dan berterima kasih kepada pemerintah setempat untuk membantu mereka.

“Warga Italia Rolando Del Torchio dibebaskan hari ini dan sekarang dalam pengawasan otoritas Filipina. Kami berterima kasih atas kerja sama dan komitme otoritas Manila,” bunyi pernyataan yang didapatkan AFP kemarin. (adk/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top