Riau jadi Perhatian Khusus KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Riau jadi Perhatian Khusus KPK

kpk

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadikan Provinsi Riau sebagai salah satu prioritas dalam program pencegahan korupsi. Karena itu, dalam waktu dekat, KPK akan bertandang ke Riau untuk meminta komitmen bersama mencegah korupsi dari para pejabat di daerah tersebut.

Kabag Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha mengatakan, pihaknya segera beranjak ke Riau pada Rabu, 13 April 2016 mendatang. “KPK akan hadir di Riau untuk meminta komitmen dari seluruh pejabat yang ada di Riau baik di tingkat provinsi maupun kabupaten untuk bersama-sama melakukan pencegahan korupsi,” kata Priharsa dalam keterangan pers, Jumat (8/4).

Selain membuat komitmen bersama, KPK juga akan memberikan rekomendasi tentang bagaimana cara atau upaya yang bisa diterapkan dalam pengurusan anggaran, barang dan jasa, dan perizinan.

“Sehingga ke depan tidak terjadi lagi korupsi di Riau baik kabupaten atau kota maupun provinsi,” jelas Harsa.

Bukan tanpa dasar KPK menetapkan Riau sebagai provinsi prioritas pencegahan korupsi. Priharsa mengungkapkan, berdasar statistik sejak 2007, KPK sudah menangani perkara korupsi yang melibatkan 25 orang di Riau. ‎

“Yang secara statistik dikategorikan untuk anggota DPRD 11 orang, pejabat eselon (PNS) ada delapan orang, gubernur tiga orang, swasta atau BUMN dua orang, dan lainnya satu orang,” tuturnya.

Sementara di kategori berdasar sektor, sektor perizinan ada enam perkara, sektor pengurusan anggaran 21 perkara, serta sektor pengadaan barang dan jasa ada satu perkara yang telah ditangani KPK. (put/jpg)‎

loading...
Click to comment
To Top