Surya Paloh Minta Parpol Pendukung Pemerintah tak Buat Gaduh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Surya Paloh Minta Parpol Pendukung Pemerintah tak Buat Gaduh

nasdem-201510011927351

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengingatkan seluruh elit partai politik pendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) tidak membuat gaduh dengan mendorong dilakukannya perombakan Kabinet Kerja. Pasalnya, sudah menjadi kewajiban partai pendukung pemerintah untuk mengawal berjalannya program dan roda pemerintahan.

“Kita ingatkan bahwa esensi dari partai politik pendukung pemerintah adalah konsisten untuk memberikan dukungannya,” ujarnya di sela pengukuhan DPW Partai Nasdem Sumatera Barat, di Padang, Jumat (8/4).

Pernyataan tersebut diungkapkan Paloh menanggapi adanya dorongan perombakan kabinet. Di mana saat ini sudah mulai muncul nama-nama menteri yang akan diganti beserta penggantinya. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada elit-elit parpol untuk tidak memperkeruh suasana. Karena menurutnya, dorongan-dorongan tersebut secara tidak langsung mempengaruhi kinerja pemerintahan.  “Perlu kearifan dari institusi partai politik,” katanya.

Meski demikian, sambung Paloh, partai pendukung pemerintah juga memiliki hak untuk melakukan koreksi atas program pemerintah yang dinilai belum memberikan efek positif bagi masyarakat. Namun, hal itu harus dilakukan dalam suasana yang kondusif.

“Kita harus berupaya untuk menciptakan suasana tetap kondusif. Karena begitu besar permasaalahan dihadapi oleh bangsa ini untuk percepatan progres pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah karena mereka juga butuh dukungan,” jelas Paloh.

Partai Nasdem menyerahkan sepenuhnya perombakan kabinet kepada Presiden Jokowi. Bahkan, Nasdem tidak akan mempermasalahkan ketika ada kadernya yang diganti. Paloh mengaku sampai saat ini dirinya belum diajak berbicara oleh Presiden Jokowi untuk membahas perombakan kabinet.  “Tidak, saya belum diundang,” singkatnya.

Dia menambahkan, keberhasilan pemerintah dalam menjalankan program juga menjadi tanggung jawab partai pendukung.  “Kesuksesan pemerintah ini artinya kesuksesan juga bagi partai kita. Maka kita berkepentingaan agar pemerintahan ini sukses. Itu tugas partai pendukung pemerintah,” tegas Paloh. [wah]

loading...
Click to comment
To Top