Ini Data Pertempuran Antara Pasukan Khusus Filipina dengan Kelompok Abu Sayyaf – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ini Data Pertempuran Antara Pasukan Khusus Filipina dengan Kelompok Abu Sayyaf

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pasukan gabungan yang melibatkan Batalyon Pasukan Khusus militer Filipina baku tembak dengan kelompok Abu Sayyaf yang terjadi di Pulau Basilan pada Jumat (9/4).

Berikut data-datanya:

Pertama, pertempuran tersebut berlangsung selama 10 jam.

Kedua, militer Filipina melibatkan Batalyon Infantri ke 44, Batalyon Pasukan Khusus ke 4, dan pasukan Kavaleri ke 14.

Ketiga, pertempuran ini menyebabkan 18 pasukan Filipina meninggal dalam aksi dan enam luka berat. 

Keempat, “Lima bandit dari pihak penyandera turut meninggal,’’ terang Juru Bicara Markas Komando Mindanao Barat Filemon Tan.

Kelima, di antara bandit yang terbunuh, Filemon Tan menyebut, salah satunya Mohammad Khattab, ahli bahan peledak asal Maroko.

Menurut informasi, Khattab berada di Basilan untuk mencoba menggaet pihak Abu Sayyaf bergabung dengan jaringan teroris internasional.

Keenam, Tan juga mengaku menerima laporan bahwa salah satu yang terbunuh bernama Ubaida Hapilon. “Orang ini dipercaya sebagai sala satu anak dari Isnilon Hapilon (pemimpin kelompok Abu Sayyaf, Red),’’ imbuhnya.

Ketujuh, militer Filipina juga melukai 20 pasukan dari pihak Abu Sayyaf. Diantaranya, salah satu tokoh senior Abu Sayyaf yakni Radzmil Jannatul.

Kedelapan, korban luka dari militer pun lebih banyak. Sekitar 50 personel militer Filipina dilaporkan mengalami luka.(bil/idr/sam/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top