Ini Kemauan DPR yang Harus Dipenuhi MA – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Ini Kemauan DPR yang Harus Dipenuhi MA

1197_18001_gedung dprBETUL

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Pimpinan Komisi Hukum DPR mendesak kepada pimpinan Mahkamah Agung (MA) untuk membentuk Kamar Khusus Pajak. Pembentukan itu penting lantaran kasus pajak terus meningkat setiap tahunnya.

Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K Harman meminta kepada Mahkamah Agung (MA) untuk membentuk kamar khusus yang menangani kasus perpajakan. Sebab, saat ini kasus pajak masih menjadi satu dan ditangani kamar Tata Usaha Negara (TUN).

“Pimpinan MA perlu membentuk Kamar khusus perpajakan yang diketuai oleh Ketua Muda bidang perpajakan,” ujar Benny saat dikontak, Senin (11/4).

Pembentukan kamar khusus pajak, kata politikus Demokrat ini sejalan dengan kebutuhan saat ini dimana kasus yang berhubungan dengan kejahatan pajak semakin meningkat tiap tahunnya.

“Kasus pajak hampir 300 kasus setiap bulannya. Dalam satu tahun bisa 3000 kasus. Tidak bisa bila hanya ditangani di Kamar TUN,” ujar dia.

Apalagi pajak masih menjadi pendapatan utama negara sehingga harus mendapat perhatian khusus. “Pendapatan terbesar negara dari pajak. Jadi MA harus responsif terhadap usulan dibentuknya kamar khusus pajak,” harap dia.

Sementara, Koordinator Satgas Pengawasan Peradilan Indonesia, Farhat Abbas meminta dibentuknya kamar hakim yang khusus menangani pajak. Sebab, saat ini kasus pajak masih ditangani ditangani di Kamar Tata Usaha Negara (TUN) MA.

“Tiap tahun 65 persen perkara yang masuk dalam kamar TUN adalah perkara pajak,” sebut Farhat.

Seharusnya, kata dia, perkara pajak ini diprioritaskan dan MA harus membentuk kamar sendiri yang menangani pajak.

“Permasalahan ini nampaknya tidak menjadi perhatian Komisi III dalam menyusun rancangan Undang-undang jabatan hakim,” ungkapnya.

Namun dia haqul yakin Komisi III DPR akan segera meminta kepada MA untuk membentuk kamar khusus yang menangani pajak. Bila sudah ada kamar tersebut, dia berkeyakinan kasus pajak yang selama ini mendominasi bisa terselesaikan dengan cepat. [sam]

loading...
Click to comment
To Top