Ini Penyebab Paripurna DPD Ricuh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ini Penyebab Paripurna DPD Ricuh

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman mengatakan, pihaknya harus bersikap dewasa menyikapi aspirasi sejumlah anggota DPD yang menginginkan periode kepemimpinan 2,5 tahun.

“Lagipula soal mosi tidak percaya itu hanya ada dalam sistem parlementer, bukan di lembaga perwakilan daerah,” kata Irman di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Senin (11/4/2016).

Irman menambahkan, DPD adalah lembaga negara yang mewakili daerah-daerah dengan 130 orang anggotanya bersifat independen. Beda dengan DPR yang anggotanya sebanyak 560 orang tersebar di sepuluh fraksi.

“Sementara di DPD fragmentasinya lebih luas. Jadi dinamika yang terjadi saat ini harus kami sikapi secara dewasa dan dalam rangka mencari bentuk,” tegasnya.

Senator dari Provinsi Sumatera Barat itu menilai, keterbatasan kewenangan yang dimiliki DPD saat ini juga sebagai pemicu kisruh.

“Berbagai aspirasi dari daerah begitu gencarnya, sedangkan DPD belum punya kewenangan untuk merumuskannya. Ini juga membuat semua anggota DPD sulit dalam merespons aspirasi konstituennya masing-masing,” imbuhnya. (fas/jpnn/fajar)

loading...
Click to comment
To Top