Ahok Sebut BPK Sengaja Tutupi Fakta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Ahok Sebut BPK Sengaja Tutupi Fakta

Ahokl

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sengaja menyembunyikan fakta audit investigasi terkait pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras senilai Rp 800 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2014.

Hal tersebut telah dijelaskan dalam proses pemeriksaan yang dilakukan penyidik KPK terhadap dirinya selama 12 jam lebih, Selasa (12/4)

“Yang pasti saya bilang, BPK menyembunyikan data kebenaran. BPK meminta kita melakukan sesuatu yang tidak bisa kita lakukan, itu yang saya bilang,” ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, usai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta Selatan.

Mantan bupati Belitung Timur itu menjelaskan BPK memerintahkan Pemprov DKI untuk membatalkan transaksi pembelian lahan RS Sumber Waras dengan alasan pembelian lahan tersebut secara terang dan tunai.

“Suruh untuk membatalkan transaksi beli rumah sakit, mana bisa?” tegas Ahok.

“Kalau dibalikkan harus jual balik, kalau jual balik, mau nggak (Yayasan) Sumber Waras beli harga baru, kalau pakai harga lama kerugian negara, itu saja,” sambungnya.

Kasus ini bermula saat Pemprov DKI Jakarta membeli lahan milik Yayasan Kesehatan Sumber Waras (YKSW) senilai Rp 800 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2014.

Oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), proses pembelian itu dinilai tidak sesuai dengan prosedur dan Pemprov DKI membeli dengan harga lebih mahal dari seharusnya sehingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 191 miliar.

BPK juga menemukan enam penyimpangan dalam pembelian lahan Sumber Waras. Enam penyimpangan itu adalah penyimpangan dalam tahap perencanaan, penganggaran, tim, pengadaan pembelian lahan RS Sumber Waras, penentuan harga, dan penyerahan hasil.[rus]

loading...
Click to comment
To Top