Kontras Temukan Masalah Baru dari Kematian Siyono – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Kontras Temukan Masalah Baru dari Kematian Siyono

Kontras saat mengikuti rapat bersama Komisi III DPR RI, Selasa (12/4)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Kasus kematian Siyono yang diduga teroris oleh Densus 88, masih tanda tanya. Bebagai pihak sampai saat ini terus mencari kebenaran dari persoalan tersebut. Salah satunya adalah Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras).

Koordinator Kontras Haris Azhar mengungkapkan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya termasuk investigasi terkait kasus tersebut. “Dalam masalah Siyono ini, kita menemukan ada dua kasus lagi di lokasi yang hampir berdekatan, di Klaten,” ungkapnya dalam rapat bersama Komisi III DPR RI, Jakarta, Selasa (12/4).

Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Komisi III DPR RI tersebut, Haris juga mengatakan bahwa ada dua orang yang ditangkap oleh Densus 88 dan mengalami penyiksaan saat proses penangkapan tersebut.

“Satu di antara dua tersebut bahkan ditangkap karena takut melihat Densus. Padahal bukan dia yang seharunya menajadi target Densus,” bebernya.

Menurut Haris, sejumlah aturan prosedural dalam hukum acara pidana itu tidak diterapkan dalam proses penangkapan Siyono hingga akhirnya tewas. “Jadi seperti tertangkap tangan. Padahal tidak seperti itu situasinya,” jelasnya.

Kemudian setelah korban tidak ada kabar selama beberapa hari, lanjut Haris, isteri Siyono diminta datang ke Jakarta untuk melihat suaminya yang sudah tidak bernyawa.

“Ketika dikembalikan jenazah Siyono juga tidak ada penyerahan berita acara kondisi korban seperti apa ketika dalam penguasaan polisi. Ini informasi untuk melengkapi saja,” paparnya. (ndo/JPG)

loading...
Click to comment
To Top