Rivai Setahun Tuntaskan Sosialisasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Rivai Setahun Tuntaskan Sosialisasi

f89d4ed1-43e9-43f8-b7e5-a2e6e90469de
Kapuskes TNI, Mayor Jenderal TNI Bem Rimba, memberi spirit kepada Rivai Ras untuk bertarung di Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

MAKASSAR, FAJAR — Bakal calon Gubernur Sulsel, Abdul Rivai Ras mematok target setahun untuk bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat. Hal itu dilakukan untuk menaikkan elektabilitasnya.

Menurut Rivai, dari semua kandidat yang santer disebut akan ikut bertarung di Pilgub Sulsel 2018 mendatang, dia merasa tingkat keterkenalannya masih rendah. Makanya, dia memutuskan sudah aktif bersosialisasi tahun ini.

“Target saya setahun fokus sosialisasi. Tentunya saya tidak akan berhenti bersosialisasi dan kerja keras saya dua hingga tiga kali lipat dari bakal calon lain,” kata ayah dua anak ini.

Selama ini, Rivai mengaku lebih banyak berkiprah di Jakarta. Dia selalu wara wiri di stasiun televisi nasional sebagai nara sumber. Namun, untuk Sulsel dia belum pernah bersentuhan langsung dengan masyarakat dan belum fokus.

Namun, kali ini pakar pertahanan dan kemaritiman itu akan fokus untuk menaikkan popularitasnya agar dapat mengimbangi calon lainnya. Rivai menyatakan secara fisik dia harus lebih banyak di Sulsel dan menyentuh masyarakat akar rumput.

“Masyarakat harus pahami keinginan saya mau memimpin Sulsel. Tentunya juga saya harus mengerti betul apa yang jadi kebutuhan masyarakat. Karena itu saya terus menerus melakukan sosialisasi dengan segala konsekuensinya,” papar Rivai kepada FAJAR.

Lebih lanjut Rivai menyatakan, sosialisasi yang dilakukannya ini memang banyak menyita waktu, tenaga, dan pikirannya. Selain itu, berbicara kepemimpinan dia juga butuh kemampuan atau energi lebih serta mobilitas tinggi.

“Sebelum masuk tahapan pilgub, target saya harus capai elektabilitas yang memadai agar dapat mengendarai Parpol.
Sekalipun elektabilitas itu sebenarnya tidak sekadar sosialisasi, tetapi diyakini secara realitas politik itu mendapat dukungan dari semua pihak khususnya partai politik dan masyarakat luas yang memang punya hak pilih,” jelas putra asli Bone itu.

Alumni Pondok Pesantren IMMIM Putra Modern itu menambahkan bahwa cara mengukurnya menggunakan tim survei profesional. Rivai menegaskan tidak ada orderan atau rekayasa dalam survei, agar strategi yang dikembangkan dalam memenangkan Pilgub Sulsel tepat sasaran dan tepat guna. “Politik memang butuh biaya besar atau operational cost yang tidak sedikit. Sebisa mungkin kita berupaya mengeluarkan biaya politik murah tetapi tidak murahan,” kunci alumni Universitas Hasanuddin ini.

Pengamat politik Unhas, Adi Suryadi Culla menilai Rivai Ras punya kompetensi dan kapabilitas sehingga sudah sangat pantas dan layak untuk menjadi Gubernur Sulsel. “Beliau (Rivai, red) figur yang sangat komplet. Sosok militer dan akademisi yang kapabel. Cuma memang, untuk menaikkan elektabilitas meski kerja keras dengan turun langsung ke daerah menemui masyarakat. Saya rasa Rivai bisa mengimbangi kandidat lainnya dengan terus bersosialisasi,” kata Adi memberi masukan. (*)

loading...
Click to comment
To Top