Daftar BPJS Ketenagakerjaan Tak Hanya Karyawan, Freelancer Pun Bisa! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Advetorial

Daftar BPJS Ketenagakerjaan Tak Hanya Karyawan, Freelancer Pun Bisa!

BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu program pemerintah yang memfasilitasi kebutuhan para pekerja, khususnya di masa mendatang. Tabungan semacam asuransi yang dikhususnya bagi para pekerja ini memiliki beberapa program menarik. Beberapa di antaranya adalah Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kematian.

Sebagai informasi saja, pekerja yang berhak menerima manfaat tersebut bukan hanya karyawan saja tetapi juga para freelancer alias pekerja lepas. Mari simak cara daftar BPJS Ketenagakerjaan berikut, baik bagi karyawan perusahaan maupun pekerja lepas.

Panduan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan bagi Karyawan

Mereka yang termasuk dalam kategori peserta tenaga kerja dalam hubungan kerja adalah yang bekerja di sektor formal. Misalnya saja PNS atau Pegawai Negeri Sipil, TNI/POLRI, karyawan BUMN, BUMD serta swasta dan juga Yayasan dan Joint Venture. Selain itu, para pensiunan PNS/TNI/POLLRI dan veteran serta perintis kemerdekaan juga bisa memperoleh manfaat.

Yang mendaftarkan adalah perusahaan tempat bekerja. Adapun syarat dokumen yang mesti dimiliki, antara lain:

  • SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  • NPWP Perusahaan
  • Akta Perdagangan Perusahaan
  • KTP masing-masing karyawan
  • KK (Kartu Keluarga) masing-masing karyawan
  • Pas foto warna masing-masing karyawan, ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar.

BPJS Ketenagakerjaan bagi Pekerja Mandiri

Sementara itu, Anda yang bekerja di bidang non-formal ataupun pekerja lepas / mandiri juga bisa menerima manfaat BPJS Ketenagakerjaan. Tentu saja apabila Anda terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Caranya memang harus melalui tahapan tertentu. Anda harus membentuk organisasi / wadah yang terdiri dari setidaknya 10 orang – yang kemudian akan mendaftar BPJS Ketenagakerjaan.

Adapun beberapa syarat dokumen yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Surat izin usaha dari pihak RT, RW ataupun Kelurahan Setempat.
  • KTP Pekerja
  • Salinan Kartu Keluarga masing-masing pekerja
  • Pas foto warna pekerja

Baik para pekerja formal (yang diwakilkan oleh perusahaan) maupun informal dapat mendaftarkan diri secara online. Anda dapat mengakses situs BPJSKetenagakerjaan.go.id, kemudian klik di bagian kanan atas bertuliskan “Mau jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan? Daftarkan perusahaan Anda di sini”. Setelah itu, masukkan alamat surat elektronik perusahaan ataupun email perwakilan wadah / organisasi kelompok Anda. Anda dapat tunggu surat elektronik balasan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Segera setelah menerima surat pemberitahuan via email, Anda dapat mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan di daerah Anda dengan membawa serta dokumen yang telah disiapkan sebelumnya.

Demikian penjelasan cara daftar BPJS Ketenagakerjaan. Tak sulit, bukan? Tak perlu skeptis lagi dengan tabungan asuransi dari pemerintah tersebut. Beragam manfaat yang diberikan tak dipungkiri sangat dibutuhkan bagi para pekerja. Ibarat pepatah bilang “sedikit demi sedikit, lama –lama jadi bukit”, tabungan ini memang nilainya sedikit setiap bulannya. Anda hanya perlu menyisihkaan sebagian kecil dari penghasilan Anda. Akan tetapi, di masa mendatang, manfaat yang Anda peroleh akan sangat terasa.

Sudah banyak yang merasakan manfaat BPJS Ketenagakerjaan. Oleh karena itu, tak heran, semakin banyak pula yang mendaftarkan diri sebagai peserta. Terbukti nilai triliunan rupiah telah terkumpul oleh badan BPJS Ketenagakerjaan. Masih takut dengan BPJS Ketenagakerjaan? Wah, sebaiknya segera singkirkan pemikiran negatif tersebut. Ayo, daftarkan diri Anda sekarang juga! Semakin dini Anda menabung untuk masa depan tentu makin ringan dan makin banyak pula yang Anda peroleh, bukan?

Mari daftarkan diri sekarang sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top