Hasil Survey Caketum Golkar, Airlangga Paling Diminati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Hasil Survey Caketum Golkar, Airlangga Paling Diminati

dukungan-airlangga-hartarto-muncul-di-bali-800-2016-03-06-144230_0

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hasil survei Indonesia Survei Center (ISC) memperlihatkan nama Airlangga Hartarto menjadi tokoh yang paling disukai dari empat nama bakal calon ketua umum DPP Partai Golkar. 

Menurut peneliti senior ISC Igor Dirgantara, elektabilitas Airlangga mencapai 12,6 persen. Angka ini lebih tinggi dari Ketua DPR Ade Komaruddin yang hanya mencapai 10,9 persen, Azis Syamsuddin 10,1 persen dan Idrus Marham 8,9 persen.

Survei dilaksanakan lewat teknik probability sampling dengan varian multistage random sampling di 34 provinsi, melibatkan 1.230 responden pada 5-20 Maret lalu.

Tingkat kesalahan (margin of error) 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan melalui tatap muka langsung dengan bantuan kuesioner (instrumen survei).

“Responden lebih banyak memilih Airlangga karena visi dan misinya lebih sesuai dengan semangat jaman. Misalnya, desentralisasi wewenang kepada DPD I dan DPD II (pengurus daerah,red), regenerasi Golkar, pemanfaatan media sosial, pembangunan kursus politik bagi kader Golkar, pembentukan saksi tetap untuk pemilu, dan lain-lain,” ujar Igor, Kamis (14/4).

Selain itu, Igor yang juga dosen politik Universitas Jayabaya mengemukakan, AH merupakan kandidat yang konsisten menjalankan dan mensosialisasikan visi Indonesia Sejahtera 2045 dalam setiap kunjungannya ke daerah. Bahkan, AH mengusulkannya sebagai debat publik.

“Walaupun pemilihan ketum Golkar adalah domainnya DPD, pilihan terhadap parpol tetap berada di ranah publik. Karena ada korelasi positif antara kandidat ketum golkar dengan elektabilitas partai beringin tersebut,” ujar Igor. (gir/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top