Rancana Ahok Begini, Korban Penggusuran di Penjaringan akan Tinggal di Pulau Seribu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Rancana Ahok Begini, Korban Penggusuran di Penjaringan akan Tinggal di Pulau Seribu

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama berniat akan membangun sebuah rumah susun untuk warga DKI Jakarta yang rumahnya terkena gusur di kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara.

“Nah ini saya mau bangun apartemen di Pulau Seribu, nelayan tinggal disitu,” ujar dia di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (14/4).

Tak hanya itu, untuk menunjang penghasilan dan kehidupan sehari-hari eks warga Pasar Ikan Penjaringan, mantan Bupati Belitung Timur itu juga berjanji akan memfasilitasi akomodasi dan perekonomian warga.

“Tambak saya kasih, kapal saya kasih, naik kapal naik bus tidak bayar ke Jakarta, dan harga beras di sana saya jamin sama dengan Jakarta, saya kirim dengan kapal saya. Itu solusinya,” beber Ahok.

Dia juga mengatakan pihaknya sudah melakukan uji coba tambak. “Itu kita uji coba budidaya kerapu. Kemarin udah ada hasil 150 kilo,” tambahnya.

Ahok merencanakan itu lantaran banyak warga Pasar Ikan Penjaringan yang enggan angkat kaki dari kawasan itu, sehingga mereka menetap di atas perahu setelah rumahnya di ratakan dengan tanah oleh Pemprov DKI Jakarta.

Padahal diketahui, Peprov DKI menyediakan tiga rumah susun yang dapat ditempati warga yang kena gusur di Pasar Ikan dengan syarat mereka memiliki KTP Jakarta. Ketiga rusun itu ada di Rusun Rawa Bebek, Rusun Marunda dan Rusun Kapuk Muara. Selain itu, Ahok mengatakan Pemprov DKI juga memberikan fasilitas bus gratis untuk akomodasi mereka sehari-hari.

Adapun alasan warga enggan tinggal di rusun dan memilih menetap di atas kapal adalah karena mengetahui unit rusun yang disediakan ukuranya kecil dan kurang layak. [sam]

Click to comment
To Top