Setor 20 Miliar, Begini Kata Panitia Munaslub Golkar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Setor 20 Miliar, Begini Kata Panitia Munaslub Golkar

FAJAR.CO.ID, KETUA – Panitia Pengarah (Steering Comitte) Musyawaah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar Nurdin Halid membantah adanya kewajiban pada kandidat menyetor uang sebesar Rp20 miliar sebagai syarat daftar bagi para calon ketua umum.

“Panitia SC belum pernah ada keputusan angka. Angka Rp20 miliar bukan dari SC,” kata Nurdin di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (13/4).

Menurut Nurdin, angka sebesar itu masih didiskusikan dalam internal SC. Dia menegaskan syarat tersebut untuk membuat pelaksanaan Munaslub tidak ada politik transaksional.

Senada dengan Nurdin, Sekretaris SC Munaslub Partai Golkar, Agun Gunandjar juga membantah angka Rp20 miliar sebagai syarat bagi calon ketua umum yang akan mendaftar.

“Ngga benar itu. Saya orang yang terlibat dalam rapat penyelenggara dipimpin Pak Theo Sambuaga, dan rapat SC dipimpin Pak Nurdin Halid. Saya berani dikonfrontir dengan siapapun,” kata Agun.

Agun menjelaskan, biaya yang harus disetorkan para calon ketua umum untuk menghindari politik transaksional dengan pengurus daerah pemilik suara.

Anggota SC Andi Sinulingga menjelaskan, ada beberapa opsi terkait syarat yang diberikan calon sebagai bentuk partisipasi dalam Munaslub.

Opsi pertama, seluruh rangkaian pencalonan dan Munaslub dibebankan kepada setiap calon. Kedua, seluruh biaya sosialisasi calon, termasuk debat publik dibebankan ke kandidat. Sedangkan sisanya diserahkan kepada DPP Partai Golkar.

Kata Andi, seandainya negara mendanai kas partai politik, maka syarat-syarat seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi. (Pojiksulsel/fajar)

loading...
Click to comment
To Top