Karma Politik PDIP Tumbalnya Bupati Subang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Karma Politik PDIP Tumbalnya Bupati Subang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Ketua Dewan Pembina Forum Komunikasi Masyarakat Subang Bersatu (FKMSB), Rusmin Effendy, mengapresiasi operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK terhadap Bupati Subang Ojang Sohandi, terkait dugaan suap korupsi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Subang tahun 2014.

“Terbongkarnya skandal korupsi Bupati Subang ini merupakan karma politik bagi PDIP. Kasus ini harus menjadi perhatian serius bagi rakyat Subang agar berhati-hati memilih pemimpin ke depan, khususnya dalam menghadapi Pilkada Bupati 2018 mendatang,” ujarnya kepada RMOLJabar.com, Jumat (15/4).

Menurut Rusmin, sejak menjabat sebagai Pjs. Bupati sampai terpilih sebagai bupati pada Pilkada 2013 lalu, kepemimpinan Ojang Sohandi telah gagal membangun Subang, utamanya dalam menata birokrasi dan aparatur pemerintahan.

“Bahkan tidak pernah turun ke bawah dan cenderung sentralistik dan primordialime. Akibatnya, birokrasi di Subang sangat korup dan korupsi di pelbagai sektor,” sebutnya.

Rusmin menjelaskan, sejak 2003 hingga saat ini, Bupati Subang dijabat oleh kader PDIP yang diawali periode kepemimpinan Eep Hidayat (2003-2008) yang berpasangan dengan Maman Yudia. Kemudian dalam periode kedua Eep Hidayat berpasangan dengan Ojang Sohandi, namun di tengah perjalanan terjadi masa transisi karena Eep Hidayat terlibat korupsi upah pungut.

“Tampilnya Ojang Sohandi sebagai Pjs Bupati kemudian terpilih kembali pada Pilkada 2013 awalnya diharapkan mampu membenahi Subang. Tapi, selama menjabat bupati sangat minim prestasi dan bahkan meniru gaya Eep Hidayat yang korup,” tandasnya. [sam]

Click to comment
To Top