Rivai Ras Berbagi Pengalaman di Arena UKW – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Rivai Ras Berbagi Pengalaman di Arena UKW

Abdul Rivai Ras

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Salah satu bakal calon gubernur Sulsel, Abdul Rivai Ras, turut hadir di arena UKW yang dihelat Harian FAJAR dan PWI Sulsel, lantai 2 Graha Pena, Sabtu, 16 April, sore ini. Dia berbagi pengalaman kepemimpinan dan pengetahuan tentang peran media secara internasional.

Media, kata dia, memegang peran penting dalam situasi negara. Hampir semua keadaan negeri ini butuh dinformasikan. Masyarakat juga butuh informasi terkait semua peristiwa yang ada di suatu negara.

Pendiri Universitas Pertahanan (Unhan) ini menilai, media bisa menjadi penengah konflik. Itu jika media yang kredibel menuliskan berita konflik guna menetralkan suasana.

“Di Amerika tidak satu pun media berbeda bahasa dalam menyuarakan kebijakan pemerintahnya. Dalam artian bahwa mereka berusaha agar situasi negara tetap kondusif. Ketika ada konflik, tetap berusaha agar berita yang disajikan tidak menjurus pada isu sara,” katanya.

Salah seorang peserta UKW, Irwan Zainuddin, sempat menanyakan bagaimana menempatkan media jika saja dia mengemban amanah sebagai gubernur.

Menurut Rivai Ras, media harus dibukakan kontrol akses untuk melihat semua kebijakan publik. Pemerintah harus membuka akses informasi ke media agar publik tahu.

“Pemerintah yang baik juga seharusnya menyiapkan rilis setiap kali ada kebijakan baru. Itu agar media terbantu dalam tugas jurnalistiknya,” imbuh pria yang pernah menangani urusan keamanan presiden ini. (sam/hrm)

loading...
Click to comment
To Top