Terkait Panama Papers, Menperin Mengundurkan Diri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Terkait Panama Papers, Menperin Mengundurkan Diri

FAJAR.CO.ID, MADRID – Satu lagi korban Panama Papers jatuh. Kemarin (15/4) Jose Manuel Soria mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri perindustrian (Menperin) Spanyol setelah dokumen rahasia yang disebarluaskan Konsorsium Jurnalis Investigatif Internasional (ICIJ) mencantumkan Soria sebagai salah seorang klien Mossack Fonseca & Co.

’’Saya telah mengajukan surat pengunduran terkait dengan kasus yang melibatkan aktivitas bisnis saya tersebut,’’ ungkap Soria dalam jumpa pers.

Sekali lagi, dia menegaskan bahwa dirinya tidak bersalah. Sebelumnya, politikus Partai Rakyat (PP) itu juga mengadakan jumpa pers untuk membela diri. Tetapi, awal pekan ini harian El Confidencial menyebut Soria sebagai pejabat dalam sebuah perusahaan offshore di Panama.

Menterin Spanyol Jose Manuel Soria

Menterin Spanyol Jose Manuel Soria

Karena itu, agar masalah tersebut tidak berlarut-larut dan menggoyahkan pemerintahan Perdana Menteri (PM) Mariano Rajoy, Soria memutuskan mundur dari jabatannya. Dengan demikian, investigasi pemerintah terhadap skandal Panama Papers itu bisa berjalan lebih baik. ’’Jika saya tidak mengambil sikap, masalah ini justru akan merugikan pemerintah,’’ ujarnya. Apalagi, saat ini politik dalam negeri Spanyol sedang panas.

Soria menjadi korban paling anyar Panama Papers. Sebelumnya, dokumen rahasia yang mengungkap permainan Mossack Fonseca dan klien-kliennya untuk merekayasa pajak tersebut membuat Sigmundur David Gunnlaugsson melepas jabatannya sebagai PM Islandia.

Selain itu, PM Inggris David Cameron didesak memublikasikan SPT-nya setelah mengaku mendapatkan keuntungan dari perusahaan offshore mendiang sang ayah. (AFP/Reuters/hep/c14/ami)

loading...
Click to comment
To Top