Survey Awal, Rivai Ras Gandeng CRC – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Survey Awal, Rivai Ras Gandeng CRC

* LSI dan UI Ikut Survei Elektabilitas

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Keseriusan bakal calon gubernur, Dr. Ir. H. Abdul Rivai Ras, MS. MM. M.Si untuk bertarung di Pilgub Sulsel 2018 semakin dibuktikan. Akhir pekan lalu, pendiri sekaligus konseptor Universitas Pertahanan (Unhan) itu menggandeng Celebes Research Center (CRC) melakukan survei awal.

Bahkan, Rivai Ras telah mengontrak khusus CRC untuk melakukan survei awal. Seremonial penandatanganan kontrak telah dilakukan di Jakarta. Menurut alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) itu, dia memilih CRC karena sudah sangat terbukti kredibilitasnya selama ini sebagai lembaga survei.

Pada saat mengulas tentang survei, kata Rivai, lebih awal CRC mengulas kembali tentang hasil polling sebagai pengantar dan kemudian dilakukan survey tahap pertama untuk mengecek preferensi pemilih. Hasil polling sendiri yang digelar situs berita online www.fajar.co.id, Rivai memimpin polling dengan meraih 40 persen lebih dari 19 balon yang terdata.

“Harapan saya dengan adanya survei awal ini, saya bisa memetakan kekuatan dan kelemahan. Termasuk tingkat keterkenalan dan kesukaan publik terhadap diri saya. Setidaknya melalui survei tahap satu ini dapat menjadi database dan baseline saya untuk melangkah, berjalan, dan berlari bila diperlukan untuk dilakukan,” papar anggota senior ORARI itu.

Lebih lanjut Rivai memaparkan, pemilihan strategi dan taktik yang menjadi pilihan sangat bergantung data yang tersedia dalam kerangka merespons preferensi masyarakat Sulsel saat ini dan ke depan.  Yang pasti, sambungnya, survei harus objektif dan berbasis akademik. Sehingga dalam mengambil langkah-langkah strategis, baik dalam konteks pendekatan yang bersifat generik atau difrensiasi bisa lebih fokus dan menghasilkan sesuatu yang efisien dan efektif secara politik menuju kursi 01 Sulsel.

“Jadi, saya sudah kontrak CRC agar mengulas kembali polling dan menunjukkan ranking hasil polling guna membangun opini lagi. Sekalian mengingatkan kembali data terakhir.
Diperlukan tim survei yang kredibel dan mempunyai kapabilitas handal. Tentu tim survei ini berfungsi ganda yakni, bisa menjadi tim konsultasi dalam konteks pemilihan strategi dan juga menjadi tim survei yang bekerja dalam melakukan diagnosa politik, terkait dinamika yang berlangsung menjelang Pilgub Sulsel 2018 mendatang,” pungkas putra asli Bone itu.

Secara terpisah, Direktur CRC, Herman Heizer mengakui bahwa Rivai Ras telah menggandeng dan mengontrak lembaga survei yang dipimpinnya. Menurutnya, pihaknya dikontrak untuk survei awal memetakan dukungan masyarakat Sulsel. Terutama perilaku pemilih di 24 kabupaten/kota.

“Kami melakukan survei selama dua minggu di lapangan. Fokus kami adalah menyurvei perilaku pemilih sebagai dasar strategi melakukan pergerakan awal menuju Pilgub Sulsel 2018,” jelas Herman. Sementara itu, aktivitas Rivai Ras Minggu, 17 Apr kemarin sangat padat. Di antaranya bertemu anggota DPR RI dari Partai Nasdem, Akbar Faisal di Warkop Lagaligo. Rivai juga bertemu mantan Ketua DPW Nasdem Sulsel, Luthfy Mutty dan sejumlah petinggi Partai Nasdem di Hotel Imperial Arya Duta. (das/hrm)

Click to comment
To Top