Wow! Robot Wanita Ini Bisa Merasakan “Malu” Lho – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Teknologi

Wow! Robot Wanita Ini Bisa Merasakan “Malu” Lho

Jia Jia saat Konfrensi Pers | Foto: Getty Images

FAJAR.CO.ID, HEFEI – Universitas Sains dan Teknologi Cina baru-baru ini memperkenalkan robot berpenampilan layaknya manusia  bernama Jia Jia. Tidak hanya mampu melakukan percakapan dengan manusia, Jia Jia juga mampu memperlihatkan ekspresi wajah ketika berbicara.

Layaknya seorang manusia sungguhan, robot wanita yang mengenakan dress perpaduan warna gold dan merah itu juga dapat merasakan emosi.

“Jangan terlalu dekat saat mengambil fotoku. Nanti aku terlihat gemuk,” kata Jia Jia kepada seseorang yang terlalu dekat mengambil foto dirinya saat konfrensi pers.

Untuk memastikan mulutnya bergerak ketika berbicara dan memperlihatkan gerakan bola mata yang natural, tim yang bertanggungjawab atas proyek ini menghabiskan 3 tahun lamanya waktu pengerjaan.

Namun tim peneliti mengaku masih kesulitan untuk dapat membuatnya menangis atau tertawa juga bagaimana membuat posisi lengan agar tidak terlihat seperti manekin di pusat perbelanjaan.

Semua kekurangan itu diperkirakan sudah dapat terealisasi pada Jia Jia versi mendatang. “Kami berharap dapat memberikannya pembelajaran mendalam dan kemampuan pengenalan mimik wajah ke depannya,” ujar kepala tim Chen Xioaping.

Meski memiliki prospek yang menjanjikan, Chen mengakui belum memiliki ketertarikan memproduksi robot Jia Jia secara masal.

 

loading...
Click to comment
To Top