Hati-Hati! Kasus Sumber Waras Bisa Dipolitisir – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Hati-Hati! Kasus Sumber Waras Bisa Dipolitisir

sumber waras

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Kasus dugaan penyimpangan dalam pembelian lahan Yayasan Kesehatan Sumber Waras (YKSW) oleh Pemprov DKI Jakarta dinilai rawan dipolitisisasi.

Demikian dikatakan peneliti dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menanggapi kunjungan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon ke Rumah Sakit Sumber Waras di Jalan Kiai Tapa, Jakarta. Sementara, Selasa besok (19/4) Komisi III DPR sudah menjadwalkan pertemuan dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Lucius melihat, persoalan tersebut tidak lagi terkait hasil audit BPK tetapi pada perseteruan menjelang Pilkada DKI Jakarta yang berlangsung awal tahun depan.

“Intervensi legislatif dan politisasi audit Sumber Waras terlihat sangat kental sekali. Apalagi, Ketua BPK Harry Azhar kader partai politik. Ini jadi dilema independensi BPK dalam melakukan audit,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Senin (18/4).

Menurut dia, dibentuknya Panja Sumber Waras oleh Komisi III sebagai bentuk intervensi kasus yang kini ditangani KPK. Bisa saja, katanya lagi, terbentuknya panja sebagai upaya menekan aparat penegak hukum untuk menyatakan bahwa Pemprov DKI  bersalah.

“Kesimpulan akhir dari Panja akan dipengaruhi oleh partai politik. Padahal mungkin saja audit RS Sumber Waras pesanan,” ujar Lucius

Seharusnya, lanjut Lucius, BPK memperbaiki kinerja atas hasil audit Sumber Waras. Perlawanan Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) atas hasil audit RS Sumber Waras sebagai bukti bahwa BPK tidak terbebas dari intervensi politik. [wah] 

loading...
Click to comment
To Top