Manusia Akhirnya Bisa Tinggalkan Bahan Bakar Fosil, Tapi… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Manusia Akhirnya Bisa Tinggalkan Bahan Bakar Fosil, Tapi…

image
Foto: Getty Images

FAJAR.CO.ID, BRIGHTON – Pencarian manusia terhadap pengganti bahan bakar fosil mungkin sudah di depan mata. Universitas Sussex di Inggris menyatakan bahwa dalam 10 tahun ke depan, ketergantungan manusia atas bahan bakar fosil bisa saja berakhir.

Seperti dilansir Engadget, professor Benjamin Sovacool mencatat bahwa transisi energi dapat terjadi lebih cepat apa bila ada “campur tangan pemerintah”.

Lihat saja seperti Ontario, Kanada yang hanya membutuhkan waktu 11 tahun lamanya untuk meninggalkan penggunaan batu bara dan 12 tahun bagi Perancis untuk beralih menggunakan pembangkit listrik tenaga nuklir yang saat ini mampu menyuplai 40 persen energi yang dibutuhkan.

Para peneliti Sussex mengakui bahwa transisi ini bertendensi lamban dalam pengerjaannya tanpa bantuan pihak lain, karenanya bantuan dari pihak ketiga harus diakui menjadi bagian paling penting dalam proses ini.

Karenanya, Benjamin khawatir tanpa adanyanya political dan economical will terhadap penggunaan sumber energi terbaru ini maka transisi tersebut bisa saja mustahil untuk tercapai.

loading...
Click to comment
To Top