Ngerii..! Banjir Bah Datang saat Warga Tertidur Pulas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ngerii..! Banjir Bah Datang saat Warga Tertidur Pulas

banjir-luwu

FAJAR.CO.ID, LUWU, — Curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), dalam dua pekan terakhir, mengakibatkan terjadinya banjir bah. Sebanyak tiga wilayah kecamatan terendam air yang cukup tinggi. Masing-masing Kecamatan Suli, Ponrang dan Bua.

Banjir yang menerjang Suli terjadi, Minggu (174/) sekitar pukul 02.30 Wita dinihari, akibat hujan yang cukup deras dan turun selama dua hari berturut turut, sejak Jumat hingga Sabtu akhir pekan lalu.

Di Desa Lempo Paci dan Bota, Kecamatan Suli, air bah datang secara tiba-tiba pada Minggu dinihari pukul 03.30 Wita. Warga di desa itu langsung diungsikan oleh petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu.

Lukman (48), warga Lempo Paci, Suli menuturkan, saat dia dan keluarganya sedang tertidur pulas, tiba-tiba dikagetkan dengan derasnya air yang mengalir di dalam rumahnya. ”Saya kaget, Pak. Saat tidur tiba-tiba air bah datang. Banjir disebabkan karena sudah dua hari hujan cukup deras,” kata Lukman kepada BKM, Minggu (17/4) dinihari.

Sementara di Ponrang dan Bua, sejumlah rumah warga terendam banjir. Petugas BPBD dan dari kantor Kecamatan Bua dan Ponrang sibuk melakukan evakuasi.

Sejauh ini kerugian yang dialami maupun warga yang menjadi korban, masih didata petugas BPBD Luwu dan instansi lainnya. Hingga kemarin, personel BPBD masih disibukkan dengan upaya evakuasi di beberapa lokasi banjir, baik di Lempo Paci, Malela, Kecamatan Suli maupun di Kecamatan Bua dan Ponrang.

Kepala BPBD Luwu, Mursid Djufrie menuturkan, saat ini pihaknya fokus pada upaya penyelamatan warga yang rumahnya terendam air bah. Sejak Minggu dinihari petugas sudah turun melakukan penyelamatan di beberapa titik.

”Kita masih terus melakukan evakuasi, sekaligus pendataan korban dan kerugian akibat banjir,” kata Mursid Djufri, kemarin.
Terkait banjir bah yang melanda wilayahnya, Bupati Luwu Andi Mudzakkar telah mengambil langkah-langkah strategis untuk
segera menanggulanginya. ”Kita sedang upayakan mengambil langkah-langkah strategis akibat banjir yang sering melanda wilayah Suli, Ponrang dan Bua,” kata Bupati yang akrab disapa Cakka ini saat dikonfirmasi, Minggu (17/4).

Banjir yang terjadi kali ini mendapat perhatian serius dari anggota DPRD Luwu, Ikhlas Redang. Menurut dia, harus segara ada solusi yang tepat untuk menyikapi persoalan banjir yang menjadi langganan tiga wilayah di Luwu.

”Selain itu, dukungan anggaran penanganan pascabanjir dan penataan wilayah yang sering dilanda banjir harus menjadi prioritas Pemkab Luwu,” tandasnya. (bkm/Fajar)

loading...
Click to comment
To Top