Patut Dicontoh… Seperti Ini Metode Belajar Musa Menghafal Al-Qur’an – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Patut Dicontoh… Seperti Ini Metode Belajar Musa Menghafal Al-Qur’an

pojoksulsel-Indonesia-Musa-La-Ode-Abu-Hanafi

FAJAR.CO.ID – Menjadi hafiz ataupun hafizah ternyata tidaklah susah. Hal itu sudah dibuktikan Musa La Ode Abu Hanafi, peraih juara  III Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) Internasional di Sharm El-Sheikh Mesir.

Di usia dua tahun, Musa yang belum bisa membaca baik huruf latin maupun huruf hijaiyah sudah belajar dengan mendengar kaset murottal, metode talqin atau membacakan hafalan.

Ayah Musa, La Ode Hanafi mengungkapkan, metode itu diajarkan ke Musa hingga dia berusia empat tahun.

Setelah Musa berusia empat tahun, bocah yang kini telah berusia 7 tahun itu sudah bisa membaca alquran dengan huruf hijaiyah yakni dengan menghafal sendiri.

“Ketika dia sudah bisa baca alquran, membimbing Musa mulai terasa ringan,” ungkapnya dilansir Radar Bangka (Fajar Group), Senin (18/4).

Kini Musa sudah bisa menghafal Alquran secara mandiri. Hanafi hanya cukup memantau seperti apa perkembangan hafalan Musa. Mulai dari makhraj ataupun tanda bacanya.

“Ketika Musa belum bisa baca alquran membimbingnya cukup berat. Saya harus bersabar dan mengajarinya pelan-pelan,” kenang Hanafi.  

Kini upaya dari Hanafi itu sudah membuahkan hasil. Buah hatinya mampu berbicara di kancah internasional. Bahkan ketika mengikuti Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) Internasional, Musa La Ode Abu Hanafi merupakan peserta satu-satunya dari Indonesia.

Tidak hanya itu, Musa juga peserta termuda dibandingkan kontestan lainnnya. (iil/JPG)

loading...
Click to comment
To Top