Pelantikan 6 Bupati Tertunda Status Gubernur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Pelantikan 6 Bupati Tertunda Status Gubernur

FAJAR.CO.ID, MEDAN – Status gubernur Sumatera Utara (Sumut) saat ini masih pelaksana tugas (plt). Hal itu membuat enam bupati hasil Pilkada serentak 2015 lalu jadi tertunda. Pasalanya pelantikan kepala daerah baru hanya bisa dilakukan oleh gubernur defenitif.

Sebagaimana diketahui saat ini Pemprov Sumut dipimpin Plt Gubernur Tengku Erry Nuradi. Rencananya pelantikan enam bupati itu harus menunggu Tengku Erry Nuradi dilantik secara defenitif sebagai gubernur.  

Hal itu disampaikan Ketua Komisi A DPRD Sumut, Sarma Hutajulu.

“Biro Otda bilang, pelantikan enam kepala daerah yang belum dilantik itu setelah Pak Erry dilantik menjadi gubernur defenitif. Informasi yang berkembang, pelantikan Pak Erry dilakukan dalam waktu dekat, mungkin saja pekan depan (pekan ini),” kata politisi PDIP ini dilansir Sumut Pos (Fajar Group), Senin (18/4).

Sarma menyebutkan, rencananya pelantikan kepala daerah hasil pilkada serentak ini dilakukan tiga tahap. Yakni Februari, April serta Juni.

Meski begitu, ia juga menyesali sikap Pemprovsu yang melakukan penundaan pelantikan. Atas tertundanya pelantikan gubernur ini, kata Sarma, sangat merugikan daerah setempat. Pasalnya enam daerah itu kini masih dikomandoi oleh pelaksana harian (Plh).

Keberadaan Plh membuat pembangunan tidak berjalan optimal, karena Plh bupati tidak bisa membuat kebijakan strategis. “Plh itu kan tidak bisa buat kebijakan, kita mendesak agar secepatnya 6 kepala daerah terpilih dilantik,” ungkapnya.

Salah satu kebijakan strategis yang perlu diambil, kata Sarma, kasus krisis listrik yang menimpa Nias beberapa waktu lalu. Persoalan itu butuh kebijakan strategis dan hal tersebut bisa dilakukan oleh kepala daerah defenitif. “Pemerintahan di 6 Kabupaten itu juga menjadi stagnan,“ sesalnya.

Adapun bupati yang tertunda pelantikannya itu, yakni Nias Barat, Nias Utara, Nias Selatan, Gunung Sitolo, Simalungun, Karo. (dik/iil/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top