Temui Komandan Lantamal VI, Rivai Bangun Komitmen Maritim – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Temui Komandan Lantamal VI, Rivai Bangun Komitmen Maritim

IMG_0257

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Tanpa kenal lelah, bakal calon Gubernur Sulsel, Dr. Ir. H. Abdul Rivai Ras, MS. MM. M.Si terus melanjutkan sosialisasinya. Senin 18 April kemarin, pakar pertahanan dan kemaritiman itu menemui dan bersilaturahmi dengan Komandan Lantamal VI, Laksamana Pertama TNI Yusup, SE. MM di Mako Lantamal VI.

Rivai Ras juga menemui Komandan Guspurlatim Laksma TNI, I Nyoman Gede Ariawan, SE. Pertemuan silaturahmi itu sekaligus dalam rangka membangun komitmen kemaritiman di Sulsel. Dalam kesempatan ini, Rivai membicarakan perihal pentingnya Sulsel dimaksimalkan posisinya sebagai pintu gerbang strategis di Kawasan Timur Indonesia dalam rangka memperkuat Poros Maritim Dunia (PMD).

Pertemuan itu, juga membahas poin penting terkait isu maritim dengan keberadaan jalur pada ALKI II yang difungsikan untuk pelayaran dari Laut Sulawesi melintasi Selat Makasar, Laut Flores, dan Selat Lombok ke Samudera Hindia yang harus diamankan dalam konteks pertahanan maritim sesuai konsep PMD.  Selain itu, mendiskusikan prospek pembangunan sektor ekonomi kelautan. Sebab, ini sangat potensial yang berada di dalam Kawasan Teluk Bone sehingga harus dijaga kelestariannya dari ancaman para pelaku yang tidak bertanggungjawab.

“Teluk Bone perlu menjadi perhatian karena dapat menjadi wahana dalam mengembangkan wisata bahari. Termasuk sektor perikanan dan sumber daya kelautan lainnya yang bersifat ekonomis. Seperti diketahui, kurang lebih 13 kabupaten di Sulsel dan Sultra yang bersentuhan dengan Kawasan Teluk Bone. Sehingga memungkinkan untuk dibangun kerja sama maritim atau otorita maritim dalam mendorong ekonomi daerah,” papar Rivai Ras.

Selain itu, pertemuan tersebut juga merupakan kegiatan silaturahmi Rivai sebagai bakal calon gubernur yang akan bertarung di Pilgub Sulsel 2018 mendatang. Putra asli Bone itu juga memohon restu kepada Komandan Lantamal VI, selaku senior dan penguasa pangkalan Angkatan Laut yang mencakup wilayah Sulawesi serta sebagai pemangku kepentingan di bidang maritim.

Seusai pertemuan, Rivai menyatakan bahwa Danlantamal adalah merupakan senior di Angkatan Laut dan sekaligus dia meminta restu dan pandangannya tentang rencana ke depan di Sulsel.  “Secara khusus, beliau mendukung visi yang saya jual dan sekaligus secara pribadi mendukung saya.  Tentu secara kelembagaan hanya membuka ruang kepada saya untuk melakukan sosialisasi dan tidak melibatkan lembaga itu dalam politik praktis,” papar pria yang juga Dosen Universitas Indonesia (UI) itu.

Setidaknya, lanjut Rivai Ras, Danlantamal mengetahui perkembangan aktivitas sosialisasinya selaku perwira TNI AL yang masih aktif dalam menjalani proses politik menuju kursi 01 Sulsel. “Secara pribadi mendukung saya. Tetapi saya tegaskan dukungan bukan secara kelembagaan. Sebab, TNI tidak berpolitik praktis,” pungkas Alumni Pondok Pesantren IMMIM Putra Modern itu.

Sementara itu, Komandan Lantamal VI, Laksamana Pertama TNI, Yusup kepada Rivai Ras menitip pesan agar tetap menjunjung tinggi kehormatan.  Serta melakukan sosialisasi yang bermartabat dan tidak melakukan tindakan yang tercela di tengah-tengah masyarakat.

“Saya berharap banyak kepada Pak Rivai untuk mengembalikan kejayaan maritim nusantara yang dimulai dari Sulsel. Sebagaimana slogan Angkatan Laut Jalesveva Jayamahe, yang berarti kita harus berjaya di laut dan tentunya harus mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim,” kata Yusup.

Usai diterima di Mako Lantamal VI, Rivai Ras bersama Dan Lantamal VI makan siang bersama di RM Paotere. Sehari sebelumnya, Minggu 17 April, anggota senior ORARI itu bertemu dengan Ketua Umum Perhimpunan Peranakan   Tionghoa Makassar, Arwan Tjahjadi, dan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Victor Laiskodat di tempat terpisah. (das/hrm)

loading...
Click to comment
To Top