Ada yang Ngaku Bisa Amankan Kasus, KPK: Laporkan! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ada yang Ngaku Bisa Amankan Kasus, KPK: Laporkan!

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta para pihak yang merasa dirugikan agar melaporkan oknum yang mengaku bisa mengamankan kasus dengan jaminan sejumlah uang.

Hal itu menyusul kesaksian Direktur PT Cahayamas Perkasa So Kok Seng alias Aseng dalam sidang perkara suap terkait penggiringan proyek di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) dengan terdakwa Abdul Khoir.

Dalam sidang yang digelar Senin (18/4) kemarin, Aseng mengaku dimintai uang sebesar Rp 3 miliar oleh Kurniawan, anggota DPRD Bekasi sebagai uang pengamanan kasus di KPK.

Aseng mengaku memercayai Kurniawan dengan memberikannya uang karena dirinya disebut telah menjadi incaran KPK. “Kalau ada yang mengaku bisa mengamankan kasus di KPK seharusnya dilaporkan saja,” kata Juru Bicara KPK Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi, Selasa (19/4).

Dalam dakwaan, Abdul Khoir didakwa bersama-sama Aseng dan Hong Arta John Alfred menyuap empat anggota komisi V DPR Damayanti Wisnu Putranti, Budi Supriyanto, Musa Zainuddin, dan Andi Taufan Tiro. Serta, Kepala Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IX Maluku Amran HI Mustary.

Tujuannya, agar Amran dan empat anggota dewan itu mengupayakan proyek-proyek dari program aspirasi DPR disalurkan untuk proyek pembangunan jalan di Maluku dan Maluku Utara. Serta, menyepakati Abdul Khoir sebagai pelaksana proyek tersebut.

Yuyuk menjelaskan, nama Kurniawan tersebut baru muncul di dalam persidangan. Selain itu, penyidik KPK juga belum pernah memanggil Kurniawan sebagai saksi selama penyidikan kasus ini berlangsung.

Menurut Yuyuk, pemeriksaan tidak dilakukan lantaran Kurniawan tidak terkait dalam kasus yang menjerat politikus PDI-P Damayanti Wisnu Putranti itu. “Nama Kurniawan ini baru muncul di sidang, ya. Kalau enggak diperiksa, karena enggak ada sangkut pautnya dengan kasus,” jelasnya. (put/jpg)

Click to comment
To Top