Jadwal 1 Ramadhan untuk Muhammadiah Tanggal 6 Juni – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Jadwal 1 Ramadhan untuk Muhammadiah Tanggal 6 Juni

PAMEKASAN,20/8 - RUKYATUL HILAL. Seorang petugas melakukan persiapan dengan mencoba teropong yang akan digunakan untuk melihat posisi bulan saat dilakukan rukyatul hilal untuk menentukan 1 Ramadhan 1430 Hijriyah, di Pantai Ambat, Tlanakan, Pamekasan, Madura, Jatim, Kamis (20/8).  FOTO ANTARA/Saiful Bahri/ss/nz/09

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1437 Hijriah bertepatan pada hari Senin, 6 Juni 2016. Hal itu berdasar hisab hakiki wujudul hilal yang digunakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid  Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Penetapan itu dipublikasikan lewat Maklumat Muhammadiyah di laman resminya muhammadiyah.or.id, Senin (18/4).

Maklumat tersebut adalah Nomor: 01/MLM/I.0/E/2016 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1437 Hijriah. Maklumt itu ditandatangani Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Umum Muhammadiyah Abdul Mu’thi.

Sementara itu, Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri atau 1 Syawal 1437 Hijriah akan jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016.

Selanjutnya, Puasa Arafah ditetapkan (9 Zulhijah) Minggu, 11 September 2016 dan Idul Adha ditetapkan pada hari Senin, 12 September 2016.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yunahar Ilyas mengatakan, jika dilihat dari angka-angkanya, kemungkinan penetapan Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah sama dengan pemerintah.

Pasalnya, Kementerian Agama (Kemenag) dengan metode imkanur rukyat menetapkan syarat 2 drajat diatas ufuk sehingga ketika dilihat dari posisi hilal yang sudah 4 drajat di atas ufuk sudah masuk kriteria pemerintah.

”Terkzit penetapan syawal dalam hisab yang dilakukan Muhammadiyah, tahun ini terlihat posisi hilal minus satu drajat pada 5 Juli 2016. Jadi hilal belum terwujud sehingga kemungkinan sama dengan Kemenag yang menyempurnakan bilangan Ramadan menjadi 30 ketika belum terwujud,” tandas dia. (hyt/JPG)

loading...
Click to comment
To Top