Wah, Wah.. Ada Duit Ratusan Juta Buat Peserta UN yang Dapat Nilai Tertinggi. Semua Merata SD Hingga SMA – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Wah, Wah.. Ada Duit Ratusan Juta Buat Peserta UN yang Dapat Nilai Tertinggi. Semua Merata SD Hingga SMA

Peserta ujian Nasional SMA dengan kertas di SMA Darul Ulum Agung Alfiq Nesti mengerjakan Soal ujian dengan santai.

FAJAR.CO.ID- Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru menyiapkan uang ratusan juta rupiah bagi siswa SD hingga SMA sederajat peraih nilai ujian nasional (unas) tertinggi. Sekolah dengan rata-rata nilai unas tertinggi juga akan mendapatkan hadiah uang.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Fatussyari menjelaskan, khusus di bidangnya, uang yang disiapkan mencapai Rp225 juta. Uang itu diberikan kepada siswa peraih nilai unas terbaik dan sekolah dengan rata-rata nilai unas tertinggi.

“Tidak hanya sekolah SMA dan SMK saja, untuk siswa MA juga kita siapkan,” ungkapnya kepada Radar Banjarmasin (fajar grup).

Diterangkan mantan pengajar yang akrab disapa Fatus ini, kategori siswa terbaik dibagi dua yakni siswa SMA/MA peraih nilai tertinggi serta siswa SMK peraih nilai tertinggi.

Sementara untuk sekolah dengan rata-rata nilai UN tertinggi hanya satu kategori yakni SMA, SMK, dan MA.

“Untuk siswa kita sengaja pisahkan SMA/MA dengan SMK, jadi siswa SMA bersaing dengan siswa MA, SMK bersaing sesama siswa SMK,” terangnya.

Bagi siswa SMA dan MA, kategorinya juga dibagi sesuai jurusan yakni Bahasa, IPA, dan IPS. Juara 1 masing-masing kategori akan mendapat Rp15 juta per orang, juara 2 Rp12,5 juta per orang, dan juara 3 Rp10 juta per orang.

Begitu juga dengan siswa SMK. Juara 1, 2, dan 3 mendapatkan uang tunai sama dengan kategori SMA dan MA.

“Tapi untuk SMK tidak dibagi dalam jurusan. Pokoknya yang penting anak SMK kalau dia peraih nilai unas tertinggi jurusan apa saja berhak mendapatkan penghargaan,” papar Fatus.

Selain siswa, Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru juga menyiapkan penghargaan bagi sekolah dengan rata-rata nilai unas tertinggi. Besarannya Rp15 juta untuk juara 1, Rp12,5 juta untuk juara 2, dan Rp10 juta untuk juara 3.

“Untuk sekolah SMA, SMK, dan MA bersaing untuk mendapatkan rata-rata nilai UN tertinggi,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Edi Yuwana menambahkan, di bidangnya, penghargaan berupa uang bagi siswa peraih nilai UN tertinggi juga ada. Namun, besarannya tak seperti pada Bidang Dikmen.

Ada empat kategori peraih nilai UN tertinggi di Bidang Dikdas yakni kategori SMP, MTs, SD, dan MI. Masing-masing kategori besaran hadiah uang sama yakni Rp5 juta untuk juara 1, Rp4 juta untuk juara 2, dan Rp3 untuk juara 3.

“Anggarannya sama seperti tahun lalu,” ujarnya.

Kasi Kurikulum dan Perpustakaan pada Bidang Dikdas Fadli menambahkan, penghargaan berupa uang tunai ini diharapkan bisa membantu siswa membeli peralatan sekolah. Harapan lain agar uang bisa digunakan untuk biaya pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. (tas/yuz/JPG)

loading...
Click to comment
To Top