Mitsubishi Minta Maaf Soal Skandal Emisi Bahan Bakar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Mitsubishi Minta Maaf Soal Skandal Emisi Bahan Bakar

Foto: BBC

FAJAR.CO.ID – Produsen mobil Jepang, Mitsubishi Motors mengaku telah memanipulasi data emisi bahan bakar terhadap 625 ribu unit mobil keluarannya yang dilakukan sejak tahun 2013.

Perusahaan berlogo 3 berlian itu menyatakan telah memanipulasi data terhadap empat jenis mobil mini miliknya, dua diantaranya diproduksi oleh Nissan.

Alhasil, manipulasi data tersebut berpengaruh pada 468 ribu kendaraan roda empat yang diproduksi Nissan sementara 157 ribu lainnya terjual dibawah brand Mitsubishi.

Dilansir BBC, kejanggalan tersebut terkuak ketika ditemukan adanya perbedaan data yang dimiliki Nissan dengan apa yang diberikan Mitsubishi. Usai melakukan investigasi yang melibatkan pihak Mistubishi ditemukan lah pelanggaran tersebut.

Atas hal itu, presiden Mitsubishi Motors, Tetsuro Aikawa bersama jajarannya menggelar konferensi pers guna menyampaikan permintaan maaf yang dihadiri petinggi Mitsubishi lainnya.

“Kami menemukan bahwa sehubungan dengan data pengujian konsumsi bahan bakar, MMC tidak melakukan pengujian secara benar untuk menyajikan tingkat konsumsi bahan bakar yang sebenarnya,” kata Tetsuro.

“dan bahwa metode pengujian yang diambil juga berbeda dengan apa yang ditentukan hukum di Jepang, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para konsumen dan stakeholder kami atas masalah ini,” jelas Tetsuro yang membuka konferensi pers tersebut dengan membungkukan badannya sebagai bentuk permintaan maaf.

Akibat kejadian tersebut, nilai saham Mitsubishi Motors di Tokyo dikabarkan merosot sebesar 15 persen, sebuah kegagalan terbesar Mitsubishi dalam 12 tahun terakhir.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top