Lanjut, KPK Juga Garap Orang Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Lanjut, KPK Juga Garap Orang Ini

FAJAR.CO.ID, JAKARTA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini menjadwalkan pemeriksaan terhadap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, Kamis (21/4). Pemeriksaan atas Basuki itu terkait kasus suap yang menjerat anggota Komisi V DPR, Damayanti Wisnu Putranti.

Juru Bicara KPK Yuyuk Andriati mengatakan, Basuki akan diperiksa sebagai saksi untuk Damayanti. “Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka DWP,” katanya di Jakarta, Kamis (21/4).

Selain Basuki, penyidik KPK juga memanggil staf Biro Perencanaan Kementerian PUPR, Faisol Zuhri. “Dia juga diperiksa untuk DWP,” kata Yuyuk.

Sejak menangani kasus suap Damayanti, baru pertama kali ini KPK memeriksa Basuki. Sebelumnya anak buah Basuki di Kementerian PUPR, termasuk Direktur Jenderal Bina Marga Hediyanto W Husaini sudah pernah diperiksa sebagai saksi.

 

Sementara Basuki Hadimoeljono sendiri mengaku siap diperiksa sebagai saksi suap anggaran Kementerian PUPR yang telah menjerat anggota Komisi V DPR Damayanti Wisnu Putrant itu.

“Saya dipanggil, mungkin untuk ditanyai sebagai saksi ibu DWP,” kata Basuki saat tiba di markas KPK, Kamis (21/4).

Hanya saja, saat ditanyakan soal detail proyek di kementeriannya yang telah menjadi ajang suap, Basuki malas berkomentar. “Belum tahu. Nanti saja ya,” ujar Basuki.

Ini merupakan pemeriksaan perdana terhadap Basuki, sejak kasus suap menyuap anggaran proyek jalan di Maluku itu terbongkar lewat operasi tangkap tangan KPK Januari 2016 lalu. 

Sejumlah anak buah Basuki termasuk Direktur Jenderal Bina Marga Hediyanto W Husaini sudah pernah digarap KPK sebagai saksi. Hanya saja dalam kasus Damayanti ini, KPK belum menetapkan tersangka dari Kementerian PUPR. (boy/jpnn)

To Top