Gara-gara Skandal Emisi, 224 Triliun Melayang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Gara-gara Skandal Emisi, 224 Triliun Melayang

Foto: Getty Images

FAJAR.CO.ID – Sehari setelah adanya kesepakatan antara Volkswagen (VW) dan pihak regulator terkait dengan skandal emisi, produsen mobil asal Jerman itu memberikan hak istimewa bagi konsumen mereka yang merasa dirugikan.

Hak istimewa yang dimaksud adalah diberikannya opsi kompensasi berupa uang tunai dan service unit kendaraan atau hak untuk menjual kembali kendaraan dengan mereka yang tidak sesuai dengan regulasi uji emisi itu.

Jumlah kompensasi uang tunai yang ditawarkan juga terbilang wah. Oleh VW, setiap pemilik kendaraan VW yang cacat emisi akan diberikakan kompensasi sebesar $5,000 (Rp 65 juta) naik dari angka sebelumnya sebesar $1,250 (rp 16 juta) per kendaraan.

Skandal uji emisi kendaraan diesel dengan cara memodifikasi sistem kendaraan itu diperkirakan sedikitnya mempengaruhi sekitar 600 ribu unit kendaraan VW yang telah terjual secara global.

Akibat skandal ini, produsen mobil yang terkenal dengan VW kodoknya itu sedikitnya harus menggelontorkan dana sebesar $18.2 miliar atau sekitar Rp 239 triliun dan biaya tambahan sebesar $450 juta atau Rp 5 triliun untuk sektor iklan dan unit kendaraan.

Click to comment
To Top