Rizal Ramli Punya Jagoan di Pilgub DKI. Ini Orangnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Rizal Ramli Punya Jagoan di Pilgub DKI. Ini Orangnya

rizal ramli

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menilai sosok Teguh Santosa memiliki kans menjadi Gubernur DKI. Dari segi usia, Teguh masih relatif muda dibandingkan calon-calon gubernur DKI yang ada saat ini.

Rizal berpandangan Teguh pastilah sangat peka melihat keadaan sosial dan mampu menangkap aspirasi masyarakat karena latar belakangnya sebagai wartawan senior.

“Saya anggap teguh tokoh anak muda, latar belakangnya dari pers juga aktivis serta akademisi. Teman-teman media biasanya lebih sensitif terhadap aspirasi rakyat. Kalau terpilih mudah-mudahan dia tetap sensitif dengan isu rakyat,” ujar Rizal saat menerima kedatangan Teguh Santosa bersama tim pemenangannya di kediaman pribadi Rizal di Jalan Bangka, Jakarta, Minggu (24/4).

Rizal menganggap, sebagai tokoh yang masih muda Teguh memiliki keberanian untuk melancarkan terobosan dan kebijakan untuk kepentingan rakyat. Ia berkelakar, biasanya seorang tokoh senior hanya memiliki “wisdom” tapi tidak memiliki keberanian. Sementara Teguh memiliki keberanian dan “wisdom” sekaligus.

“Senior punya wisdom. Biasanya yang punya wisdom gak punya keberanian. Nah, Teguh masih muda dibanding dengan yang lain,” tegas Rizal.

Ia menilai, kendati Bang Teguh demikian Teguh Santosa disapa, tidak memiliki basis kekuatan politik, dan hanya berlatar belakang sebagai jurnalis, peluang Teguh tetaplah besar untuk bisa jadi Calon Gubernur DKI Jakarta. Ia mencontohkan, di luar Negeri, seperti di New York, sudah ada wartawan yang pernah menjabat sebagai walikota, yakni Michael Bloomberg. Bloomberg sendiri disebut Rizal berhasil membawa perubahan di Kota New York.

“Di luar Negeri itu sudah biasa wartawan jadi pemimpin. Michael Bloomber contohnya dari seluruh dunia, orang dari dunia pers bisa jadi pemimpin. Karena lebih sensitif terhadap aspirasi rakyat biasa. Kalau kalangan birokrat gak terlalu sensitif,” ulas Rizal.

Dalam sejarah perjalanan Republik Indonesia, tokoh-tokoh bangsa juga banyak memiliki latar belakang jurnalistik seperti Bung Hatta, pernah aktif menulis di media massa atau surat kabar.

“Teguh qualified, berlatar belakang aktivis, dosen juga, latar belakang pendidikan luar negeri, lengkap lah. Mudah-mudahanan bisa memenangkan pertandingan ini,” pungkas Rizal.

Bang Teguh saat ini menjabat Ketua bidang Luar Negeri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Selain itu dia juga menjabat sebagai Sekjen Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea Utara dan Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Maroko.

Bang Teguh kini tercatat sebagai dosen di jurusan hubungan internasional FISIP UIN Syarif Hidayatullah dan London School of Public Relations (LSPR) Jakarta. Sementara di Universitas Bung Karno Jakarta, Teguh tercatat sebagai wakil rektor.[dem/rmol]

loading...
Click to comment
To Top