Waspadalah, Bakteri Ini Hidup di Nasi Yang Anda Makan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Waspadalah, Bakteri Ini Hidup di Nasi Yang Anda Makan

Ilustrasi | Foto: Lafishblog.com

FAJAR.CO.ID – Menghangatkan makanan takeaway atau makanan yang dibungkus merupakan hal biasa dilakukan orang. Namun banyak orang yang tidak mengetahui bahaya ketika mereka lalai menjaga kesegaran makan tersebut.

Seperti dilansir BBC, setidaknya satu juta orang menderita keracunan makanan setiap tahunnya akibat tidak cermat dengan makanan yang mereka simpan.

Michael Mosley dari program TV Trust Me I’m a Doctor mengungkapkan fakta tentang bahaya makanan takeaway. Dia menjelaskan, untuk membunuh bakteri berbahaya dalam makan, yang harus dilakukan setiap orang adalah dengan memanaskannya hingga 82 derajat celcius.

Untuk membunuh bakteri dalam makanan tidak lah mudah. Biasanya, orang kerap kali menghangatkan makanan takeaway tidak dilakukan secara merata, ini yang menurut Mosley sangat berbahaya.

Ketika hanya bagian luar makan yang dihangatkan, bagian dalam makanan yang penuh dengan bakteri justru tak tersentuh oleh panas. Karenanya penting untuk mengaduk hidangan agar panas dapat menyebar secara merata.

Mosley juga mengungkapkan bahwa makanan takeaway tidak seharusnya dihangatkan berkali-kali, justru akan membiarkan bakteri berbahaya untuk semakin berkembang dan susah untuk dimatikan, meski menggunakan oven atau microwave sekalipun. Bakteri yang biasa ditemukan dalam makanan takeaway adalah jenis Bacillus Cereus.

Bakteri jenis ini, dapat ditemukan pada makanan khas asia seperti nasi. Bakteri jenis ini kerap memproduksi racun yang memicu diare dan muntah-muntah pada manusia.

Parahnya, racun yang dihasilkan oleh Bacillus Cereus ternyata mampu tahan terhadap panas, yang artinya ketika hidangan nasi dipanaskan dengan tujuan membunuh bakteri, panas tersebut justru tidak mempengaruhi racun yang sudah tersebar.

Itulah yang kerap menjadi alasan utama orang bisa keracunan makanan ketika menyantap hidangan yang sudah terlalu lama dingin atau tidak dipanaskan dengan baik.

To Top