Yuk! Intip Keindahan Danau Matano, Danau Terdalam di Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Budaya & Pariwisata

Yuk! Intip Keindahan Danau Matano, Danau Terdalam di Indonesia

FAJAR.CO.ID, LUTIM- Selain danau toba di Sumaterah yang menjadi kebanggan Indonesia, Danau Matano juga tak kalah menariknya yang patut dibanggakan. Ya, Danau ini tercatat mempunyai kedalaman 590 meter, (1.969 kaki). Sedangkan Danau Toba mempunyai kedalaman 505 meter.

Ini artinya Danau Matano merupakan danau yang terdalam nomor satu di  Indonesia. Danau Ini bukan merupakan luapan dari anak sungai, Namun danau ini terbentuk dari ribuan mata air yang terdapat di bawah dasar danau, akibat gerakan tektonik (lipatan dan Patahan kerak bumi-pen) yang trejadi pada lapisan batuannya. Maka tak heran jika Nama danau ‘Matano’ diambil dari bahasa daerah setempat, yang artinya mata air.

Karna di begitu indah

A photo posted by askar (@asykargribs) on

Jika merujuk di Wikipedia, Danau Toba dan Danau Matano masuk dalam 10 besar danau terdalam di Dunia. Danau terdalam nomor satu di dunia adalah Danau Baikal yang terdapat di Rusia, dengan kedalaman 1.637.

Danau Matano terdapat di Sulawesi Selatan, tepatnya di paling ujung selatan Pulau Sulawesi, letaknya di Kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Danau ini mempunyai ukuran panjang 28 kilo meter dan lebar 8 kilo meter. Danau ini dikelilingi oleh Pegunungan Verbec yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Sulawesi Tenggara

Mempunyai air yang jernih dan membiru, Danau ini juga merupakan tempat bagi spesies endemic dan, ikan dan lainnya. Misalnya udang Caridina, kepiting Parathephusid, dan siput Tylomelania.

Ikan-ikan endemik di Danau Matano ini juga telah dibandingkan dengan kawanan ikan di Danau Lembah Rift di Afrika. Mereka diperkirakan berasal dari spesies nenek moyang yang sama.

Selai sebagai tempat wisata, danau ini juga kerap digunakan sebagai berbagai kegiatan olahraga air, seperti kano, kayak, jetski, snorkeling, menyelam, layar, renang dan lainnya (Fajar)

loading...
Click to comment
To Top