Wapres Dukung Program-Program Akumandiri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Wapres Dukung Program-Program Akumandiri

IMG-20160424-WA0006wapres5

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sampai saat ini disadari semakin banyak Assosiasi  yang mengurus UMKM bukan menjadi jaminan seluruh program pemerintah untuk pelaku UMKM terserap dengan baik. Untuk itulah kehadiran Akumandiri hadir mengambil peran strategis dalam memperjuangkan UMKM, mulai dari pendataan yang konkrit, penyuluhan, sampai dengan pemasaran produk produk anggotanya

Sebagai wadah pembina dan pemasaran hasil-hasil Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IUMKM) Indonesia AKUMANDIRI hendaknya memberikan pemahaman bahwa pemerintah telah menyiapkan beberapa program pengembangan UMKM, agar setiap UMKM produktif dan mampu bersaing di pasar internasional.

“Jelaskan program-program Pemerintah sebaik-baiknya kepada UMKM, yang penting kan semangatnya, peruntukannya. Pemerintah telah menyiapkan dana yang cukup besar agar UMKM mampu memiliki pasar dan berproduksi lebih baik,” ungkap Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla ketika menerima Ketua Umum Assosiasi IUMKM Indonesia Hermawati Setyorinny, di Istana Wakil Presiden, Merdeka Selatan, Jumat (22/4).

Di awal pertemuan, Hermawati Setyorinny Ketua Umum Assosiasi IUMKM Indonesia AKUMANDIRI menyampaikan bahwa Akumandiri merupakan wadah untuk memfasilitasi antara UMKM dan pemerintah, pengusaha dan sesama UMKM. Serta UMKM  dengan Perusahaan di Luar Negeri, untuk itulah Akumandiri sudah ada Dewan Pengurus di Luar Negeri, seperti Rusia, Jerman, London, China, Jepang, Taiwan dan Singapura.

Hingga saat ini yang dilakukan Akumandiri selain mendata keanggotaan seluruh IUMKM di Indonesia, juga mengembangkan beberapa program pelatihan dan membantu pemasaran hasil-hasil UMKM. Namun Hermawati mengeluhkan terdapat masalah di lapangan terutama mengenai pelaksanaan aturan pinjaman modal ke bank.

“Kami berharap agar kebijakan aturan ijin usaha mikro kecil (IUMK) sesuai Perpres No.98 Tahun 2014 dapat dilaksanakan secara merata di lapangan, karena dari program pemerintah itu IUMK yang paling bagus karena ada fasilitas untuk KUR [Kredit Usaha Rakyat]. Tapi di beberapa daerah, form untuk IUMK belum sampai ditingkat kecamatan/desa. Untuk mengajukan KUR surat domisili usaha belum cukup kuat sebagai syarat untuk mengajukan KUR, dan dilapangan untuk mendapatkan KUR masih banyak anggota kita dimintai agunan. Padahal dengan mengacu pada Perpres tersebut, ada Penjamin yang disediakan Pemerintah” ungkapnya.                                                               .

Menanggapi dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Jenderal Deniary RA Hamu berharap semua program Akumandiri didukung oleh Wapres.

Pieter Tobias Pattiasina, Ketua Bidang Kesehatan Dan Kesejahteraan Sosial menyampaikan bahwa kesehatan adalah kebutuhan utama bagi seluruh umat manusia. Kesehatan jasmani rohani dan terbebas dari narkoba sehingga mendorong terciptanya bangsa yang tangguh dan di segani dunia. Tanpa kesehatan harta menjadi tanpa arti. Untuk  itulah Akumandiri hadir untuk membantu masyarakat bersama dengan pemerintah menciptakan lapangan kerja kedepan, dengan membuka pelatihan mengenai makanan sehat.

Dengan moto manusia berbadan sehat, berjiwa bersih dan kuat serta berotak cerdas.
Akumnadiri selalu berusaha untuk mensosialisasikan program makanan sehat serta mempromosihkan produk-produk dalam negeri dalam upaya meningkatkan brand image pemerintah maupun swasta kepada negara lainnya.

Ditambahkan Ketua DPW Akumandiri Provinsi DKI Jakarta, M. Ichsan Erwin “Saya mengapresiasi perjuangan ketua umum ibu Hermawati Setyorinny yang fokus dan sungguh sungguh dalam bekerja bagi kepentingan anggotanya pada khususnya dan seluruh pelaku umkm pada umumnya,

Di terimanya Ketua Umum dan Pengurus DPP serta Ketua DPW Akumandiri Provinsi DKI Jakarta oleh Wapres H.M Jusuf Kalla memberikan semangat bagi pengurus khususnya kami yang ada di DPW Akumandiri Provinsi DKI Jakarta,

Ini menjadi bukti nyata kalau peranan akumandiri di Indonesia sudah di perhatikan pemerintah, dengan berbagai harapan dan kerja keras yang nyata, saya yakin seluruh program pemerintah untuk UMKM di indonesia bisa bermanfaat sesuai tujuannya, ke depan akumandiri akan menjadi lini terdepan dalam dunia UMKM, dengan orientasi “action group”  tujuan mencapai kesejateraan akan tercapai. Dan Dengan kepengurusan DPWAkumandiri Provinsi DKI Jakarta yang didominasi para pengusaha muda, akan mengambil peran besar untuk ikut menyukseskan Gerakan Kewirausahaan Nasional, apalagi banyaknya bantuan pemerintah terhadap pelaku UMKM.

Menanggapi hal tersebut Wapres mengimbau agar setiap asosiasi UMKM yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia mampu mendukung UMKM di setiap sektor. “Tinggal melihat siapa yang paling rajin menjadi wadah dari UMKM tersebut, karena setiap sektor memiliki spesialisasi masing-masing. Tinggal sekarang selamat bekerja saja,” ucap Wapres.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Akumandiri menyerahkan Sertifikat Kehormatan Dewan Pelindung Pusat kepada Wapres dan membawa salah satu contoh hasil panen petani dibawah binaannya, yaitu jagung siap makan yang diklaim tumbuh hanya di dua negara yaitu Indonesia dan Amerika. Jagung tanpa proses pemasakan tersebut tumbuh di dataran yang memiliki tinggi kurang lebih 800 -1000 meter dari permukaan laut.

Hadir mendampingi Ketua Umum, Wakil Ketua Umum Indra Wishnuntoro, Pembina Pieter Wattimena, Sekretaris Jenderal Deniary RA Hamu, Martin Karnarukma Ketua Bidang Energi Sumber Daya Alam dan Mineral, Pieter Tobias Patiasina Ketua Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial, dan Ketua DPW Provinsi DKI Jakarta M. Ichsan Erwin.

Sementara Wapres Jusuf Kalla didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohammad Oemar, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, dan Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi. (rls/hrm)

loading...
Click to comment
To Top