Keren! Balapan Drone Kini Pakai Kendali Pikiran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Teknologi

Keren! Balapan Drone Kini Pakai Kendali Pikiran

Giphy.com

FAJAR.CO.ID, GAINESVILLE – Balapan drone belakangan telah menjadi hal yang biasa dikalangan pelajar teknik mesin diberbagai universitas di Amerika. Namun oleh mahasiswa Universitas Florida (UF), ajang balapan ini dibawa ke tingkatan yang baru.

Menggunakan alat bernama electroencephalogram disingkat EEG, mahasiswa UF ini mengendalikan drone mereka dengan kendali pikiran seperti yang ditemukan ketika kita menonton film fiksi ilmiah.

Profesor yang juga Chairman UF, Juan Gilbert punya mimpi besar terhadap teknologi brain-computer-interface (BCI) ini.

“Kami sedang menciptakan tren baru di masyarakat, ke depannya nanti akan ada kompetisi balapan drone seperti ini. Saat ini kami memulainya dengan hal yang simpel, siapa yang tau nanti ke depannya akan seperti apa,” kata Gilbert dalam sebuah tayangan video.

Seperti dilansir Tech Insider, ketika orang terhubung dengan teknologi BCI, maka orang tersebut akan mampu mengendalikan perang eksternal dengan pikiran mereka. Seperti layaknya ‘force’ di film Star Wars.

Ketika mengenakan headband EEG di kepala pengguna, alat tersebut akan mulai menghitung gelombang listrik yang dihasilkan otak. Dipadukan dengan program komputer yang diciptakan oleh fakultas ilmu komputer dan teknik mesin UF, perintah yang disampaikan melalui gelombang otak menjadi pengendali drone tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top