SIAP-SIAP! Instansi Ini Butuh 11 Ribu PNS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

SIAP-SIAP! Instansi Ini Butuh 11 Ribu PNS

Tes CPNS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pembenahan dan pembangunan sejumlah lembaga pemasyarakatan (lapas) otomatis akan diikuti dengan bertambahnya petugas penjara alias sipir.. 

Menkum HAM Yasonna Laoly sudah menyodorkan usulan kebutuhan CPNS yang akan direkrut tahun ini ke Kemenpan-RB. Jumlahnya pun banyak, yakni  11 ribu PNS baru. Mereka bakal diprioritaskan sebagai petugas di lapas maupun rutan.

Yasonna mengaku sudah bicara dengan Menpan-RB Yuddy Chrisnandi dan usulan kuota sebanyak itu sudah disetujui. “Dari jumlah itu, sebagian besar kami tempatkan ke Ditjen Pemasyarakatan, sebagian lagi ke Ditjen Imigrasi,” kata Yasonna di Jakarta.

Kebutuhan SDM juga akan dipenuhi melalui penerimaan taruna Akademi Ilmu Pemasyarakatan atau biasa disingkat Akip. Jika sebelumnya tiap tahun Akip hanya menerima 65 mahasiswa, mulai tahun ini penerimaan ditingkatkan dua kali lipat menjadi 130 taruna. 

“Tapi, itu jangka panjang. Sebab, mereka kan lulusnya empat tahun lagi,” kata Yasonna. 

Diharapkan, peningkatan jumlah taruna Akip yang dimulai tahun ini secara bertahap bisa menyelesaikan persoalan kapasitas SDM di lapas maupun rutan seluruh Indonesia. (byu/gun/c9/kim/sam/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top