Inilah Robot Drone Tercanggih yang Dikontrol Pakai Pikiran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Inilah Robot Drone Tercanggih yang Dikontrol Pakai Pikiran

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – University of Florida, Amerika Serikat, menggelar pertandingan drone yang dikendalikan pikiran. Ajang ini diklaim sebagai lomba drone brain-computer interface (BCI) pertama di dunia.

Ide dari teknologi BCI ini awalnya dikembangkan untuk mengakomodasi kebutuhan pasien lumpuh untuk bisa mengontrol perangkat komputer. Pada perkembangannya, BCI digunakan untuk banyak keperluan, mulai dari menggerakkan kursi roda, robot, tak terkecuali drone.

drowne1

Dilansir dari Tech Crunch, Selasa (26/4/2016), ini pertama kalinya software BCI digunakan untuk mengontrol sekelompok drone DJI Phantom. Ada 16 pilot yang mengerahkan kemampuan gelombang otak mereka menerbangkan drone di arena pertandingan.

Cara kerjanya, pilot drone menggunakan headset electroencephalogram yang akan mengkalibrasi otak setiap pemakainya. Contohnya, aktivitas syarat otak akan direkam ketika si pengguna berpikir untuk mendorong sebuah benda.

Aktivitas ini kemudian diterjemahkan sebagai perintah untuk pengendali drone. Jadi aktivitas syaraf otak lainnya akan menentukan arah dan gerakan drone yang dikendalikan.

drowne2

Teknologi drone yang dikontrol pikiran mungkin masih sangat dini. Namun seiring perkembangannya ke depan, integrasi BCI ke dalam kehidupan sehari-hari, termasuk drone sangat mungkin terjadi. (rns/fyk/PS)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top