Elektabilitas Boleh Tinggi, Tapi Jangan Senang Ahok Belum Aman! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Elektabilitas Boleh Tinggi, Tapi Jangan Senang Ahok Belum Aman!

ahok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Posisi Basuki Tjahaja Purnama dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 mendatang belum aman. Gubernur DKI Jakarta yang maju kembali lewat jalur independen itu masih bisa menang dan kalah.

Begitu dikatakan peneliti senior dari Indonesia Public Institute, Karyono Wibowo seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Rabu malam (27/4).

“Ahok memang posisinya (elektabilitas) paling tinggi, tapi ingat masih ada waktu 10 bulan. Jadi situasinya bisa berubah,” terang dia.

Di mata Karyono, pertarungan yang terjadi saat ini masih babak awal. Survei yang menyebutkan elektabilitas Ahok paling tinggi juga bisa berubah. Apalagi, Ahok belakangan diserang isu Reklamasi Jakarta dan Sumber Waras.

“Banyak kasus sudah muncul bisa membuat persepsi publik berubah. Bisa baik atau buruk perlu diuji lewat survei,” terang dia.

Karyono menilai, poin terakhir terletak pada publik, utamanya warga Jakarta. Sejauh mana mereka percaya atau tidak, Ahok terlibat.

“Kalau masyarakat percaya ini akan membuat elektabilitas Ahok turun, calon lain akan untung dan begitu juga sebaliknya,”‎ urai dia.

“Juga kalau seandainya ditemukan fakta-fakta menguatkan, publik percaya dan membuat elektabilitas Ahok turun.” [sam]

loading...
Click to comment
To Top