PDIP Punya Senjata Ampuh Lawan Ahok. Kalau Berani, Dorong Susi ke DKI I – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

PDIP Punya Senjata Ampuh Lawan Ahok. Kalau Berani, Dorong Susi ke DKI I

menteri susi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Masuknya nama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dalam survei bakal calon gubernur DKI Jakarta, bisa menjadi ancaman buat Basuki Tjahaja Purnama. Susi merupakan penantang yang seimbang bila benar-benar maju dalam Pilkada DKI 2017 mendatang.

Begitu analisa peneliti senior Indonesia Public Institute, Karyono Wibowo seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Rabu malam (27/4).

Menurutnya, Susi berpeluang didukung banyak partai, termasuk PDI Perjuangan. Sebab, para parpol yang memiliki kursi di DKI Jakarta diyakininya miskin tokoh untuk diusung di Pilkada 2017 mendatang.

PDIP misalnya. Tokoh-tokoh yang dijagokan rata-rata menjadi pemimpin di daerah dan memiliki bargaining kuat di tempatnya memimpin. Misalnya, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Mereka masih memimpin daerah dan lebih berpotensi membangun daerahnya. Walikota Bandung, Ridwan Kamil juga bisa. Tapi, pasti dia akan memilih Jawa Barat, ketimbang Jakarta. ‎Sebab, kekuasaan sudah jelas di wilayah itu,” urai Karyono.

Dia menjelaskan, Susi lebih menarik dan berpotensi mengalahkan Ahok sebagai penantang karena beberapa hal.‎ Salah satunya, ketegasan dalam mengeluarkan kebijakan tidak kalah dengan Ahok.

“Nilai lebihnya Susi lebih egaliter dan lebih santun,” terang Karyono.‎

“Tapi Ahok juga ada lebihnya, rakyat Jakarta sekarang puas, sehingga tak mudah menyingkirkannya. Kecuali Ahok dinyatakan terlibat dalam dua kasus tadi, Sumber Waras dan Reklamasi Jakarta.”‎ [sam]

loading...
Click to comment
To Top